Daerah

Ketua PN Purwakarta Sampaikan Amanat Ketua MA Tentang Integritas dan Profesionalisme

Ketua Pengadilan Negeri Purwakarta
Ketua Pengadilan Negeri Purwakarta Darma Indo Damanik menyampaikan amanat Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin terkait syarat utama suatu peradilan tangguh, yakni integritas dan profesionalisme dalam bekerja.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Ketua Pengadilan Negeri (PN) Purwakarta Darma Indo Damanik menyampaikan amanat Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin terkait syarat utama suatu peradilan tangguh, yakni integritas dan profesionalisme dalam bekerja. 

Hal tersebut disampaikan Darma pada Upacara Peringatan HUT Ke-79 Mahkamah Agung yang berlangsung di Pengadilan Negeri Purwakarta, Jl. K.K. Singawinata, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Senin (19/8).

"Dengan adanya integritas dan profesionalisme dalam bekerja, Insyaallah peradilan bisa tangguh dan dapat memajukan Republik Indonesia yang kita cintai ini," kata Darma. 

Dua hal ini pula, kata Darma, sejalan dengan tema HUT ke-79 MA, yakni Peradilan Tangguh Indonesia Maju. "Ketua MA juga berpesan kepada seluruh warga pengadilan harus menjaga nama baik MA dan badan peradilan yang ada di bawahnya," ujar Darma.

Bangsa Indonesia bisa maju, lanjutnya, merupakan peran seluruh rakyat Indonesia, tak terkecuali peran MA. Tak mungkin Indonesia bisa maju tanpa ada peran dari semua, termasuk MA.

"Pada peringatan HUT ke-79 MA ini juga turut diluncurkan beberapa inovasi berupa aplikasi yang dapat memperlancar proses atau akses masyarakat untuk bisa mendapatkan keadilan," ucapnya.

Bahkan jauh sebelumnya, kata Darma, yakni pada 1 Mei 2024, MA sudah mengeluarkan suatu Peraturan MA yang mewajibkan setiap upaya hukum kasasi dan upaya hukum peninjauan kembali (PK) didaftarkan melalui e-Court secara elektronik. 

"Kemudian ada aplikasi Smart Majelis yang merupakan aplikasi robotika berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk memilih majelis hakim secara otomatis, dan masih banyak lagi inovasi lainnya," kata Darma.

Lebih lanjut Darma mengatakan, sebagai lembaga peradilan di bawah MA, PN Purwakarta mendukung penuh seluruh kebijakan MA. 

"Kami juga berusaha memberikan pelayanan terbaik atau bahkan meningkatkannya lebih baik lagi. Itu semua kami lakukan untuk mencapai visi dan misi MA terutama visi Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung," ujarnya.

Ditemui di lokasi yang sama Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan yang juga Sekretaris PN Purwakarta Gegen Diosya mengatakan, peringatan HUT ke-79 MA dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-79 RI. 

Rangkaian kegiatan pun telah dilaksanakan, yakni berupa lomba dan pertandingan. Adapun tema peringatan tahun ini adalah Bekerja, Berolahraga dan Berprestasi.

Untuk lomba, kata Gegen, di antaranya tenis meja, jalan santai, catur, gapleh dan lainnya. "Adapun hari ini adalah puncak acaranya, kami pun menggelar bakti sosial berupa membagikan paket sembako bingkisan," ucap Gegen.

Paket sembako dan bingkisan tersebut, kata dia, dibagikan kepada warga sekitar Kantor PN Purwakarta yang membutuhkan. "Kami juga mengundang beberapa purnabakti atau pensiunan PN Purwakarta untuk kemudian diberikan bingkisan dan lain sebagainya," katanya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini PN Purwakarta semakin dekat dengan masyarakat. "Alhamdulillah, melalui kegiatan ini pula kami bisa bersilaturahmi dengan masyarakat, para purnabakti dan pihak lainnya. Ini juga menjadi momen terakhir saya sebelum purnatugas pada 1 Oktober 2024," ujar Gegen.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua