Daerah

Kakek Sebatangkara di Curugagung Memprihatinkan, Kadinkes Lakukan Pemeriksaan Langsung

Dinas kesehatan kabupaten Subang
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi saat memeriksa kesehatan kakek Usup.

 

SUBANG-Kondisi kesehatan Kakek Usup, warga Kampung Batu Kapur, Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, semakin memprihatinkan. Kakek Usup hanya bisa berbaring lemas di kasur dan penglihatannya semakin kabur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi dalam kunjungannya memeriksa langsung kondisi kesehatan mata Pak Usup. 

"Pak Usup kondisi penglihatannya sudah kabur, karena beliau mengidap katarak dan harus segera dioperasi," ujarnya.

Menurut dr. Maxi, pihaknya sudah menghubungi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) untuk memproses administrasi kependudukan Pak Usup. 

"Pak Usup ini tidak punya KTP maupun KK karena hidup sebatangkara, sehingga harus segera dibuatkan KTP dan KK agar bisa segera dirujuk ke rumah sakit untuk dioperasi katarak," jelasnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa setelah memiliki administrasi kependudukan, Pak Usup akan dibuatkan BPJS yang preminya dibayar langsung oleh Pemerintah Kabupaten Subang. 

"Kami berharap setelah mendapatkan operasi katarak, Pak Usup bisa hidup normal. Setidaknya dengan bisa melihat, Pak Usup bisa beraktivitas dan sedikit membantu dirinya sendiri seperti makan, mandi, dan aktivitas di dalam rumah. Sekalipun untuk berjalan memang sedikit berat karena ada sedikit stroke juga," katanya.

Selain menjenguk, dr. Maxi juga memberikan bantuan sembako dan uang untuk biaya hidup sehari-hari.

Seperti diketahui, Kakek Usup ini sebelumnya ditemukan tergeletak di pinggir jalan di sebuah ruko kosong dengan kondisi kaki penuh luka sekitar tiga tahun lalu. 

Beruntung, saat itu ada Bhabinkamtibmas Desa Curugagung, Bripka Andri Hermawan, kemudian Kakek Usup dibawa ke sebuah tempat dan dirawat langsung oleh Bripka Andri Hermawan dan Ibu RT setempat.

Selanjutnya, Jajaran Polsek Sagalaherang Polres Subang bersama Pemerintah Desa Curugagung membangun rumah untuk Pak Usup yang saat ini ditempati. 

Peresmian rumah tersebut dilakukan oleh Kapolres Subang waktu itu, Kombes Pol Sumarni (saat ini menjabat Kapolresta Cirebon)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua