Daerah

Puskesmas Cikalapa Rutin Periksa Kesehatan Siswa di Subang

MUHAMMAD FAISHAL/PASUNDAN EKSPRES PEMERIKSAAN: Petugas Puskesmas Cikalapa saat melakukan pemeriksaan kesehatan siswa SMAN 3 Subang.

SUBANG-Puskesmas Cikalapa aktif melakukan pemeriksaan rutin kesehatan anak di sekolah. Terbaru, kegiatan pemeriksaan ini dilaksanakan di SMAN 3 Subang, Rabu (21/2). 

Pemegang Program Anak Usia Sekolah dan Remaja (Ausrem) Puskesmas Cikalapa Hesty Yuliawaty mengatakan, pemeriksaan kesehatan siswa ini merupakan program rutin dari Dinas Kesehatan. 

"Program pemeriksaan kesehatan pada anak usia sekolah dan remaja merupakan program rutin Dinas Kesehatan yang dilakukan oleh seluruh puskesmas dan salah satunya Puskesmas Cikalapa," ucapnya. 

Ia mengatakan, program tersebut dilaksanakan di berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Subang.  "Pemeriksaan kesehatan dilakukan dari mulai SD-SMA di wilayah kerja puskesmas Cikalapa, salah satunya di SMAN 3 Subang," ucapnya. 

Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan berat badan dan tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan mata, pemeriksaan gigi dan mulut. 

Kemudian pemeriksaan telinga, pemeriksaan kuku, pemeriksaan kulit, serta pemeriksaan gula darah dan HB untuk siswa putri. 

Ia mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebanyak minimal satu kali di setiap sekolah.  "Minimal dalam satu tahun ajaran itu setiap sekolah dilaksanakan satu kali," ucapnya. 

Hesty berharap dengan adanya program ini para peserta didik dapat mengetahui status kesehatannya, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran berperilaku sehat. 

"Harapannya semoga dengan adanya program pemeriksaan kesehatan ini siswa mengetahui status kesehatannya, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran pada siswa sejak dini untuk berperilaku hidup bersih dan sehat yang dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan dapat diterapkan dimanapun mereka berada," ucapnya.(fsh/ysp) 

Berita Terkait