Daerah

Anak Penderita Kanker Payudara di Binong Segera Dapat Perawatan Lanjutan Dinkes Subang

Kanker Payudara di Binong Subang
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi (tengah) saat mengunjungi anak pengidap kanker payudara di Desa Citrajaya Binong.

PASUNDAN EKSPRES-Kisah pilu dialami anak usia 12 tahun asal Desa Citrajaya, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang yang harus bertahan melawan penyakit kanker yang menggerogotinya selama beberapa tahun.

Aulia Rahmawati yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) ini awalnya tidak mengetahui jika dirinya terkenka kanker payudara. Ibu kandungnya, Turniah (50) menceritakan jika putrinya memiliki benjolan di payudara.

“Karena ada benjolan kecil awalnya terus saya bawa anak saya periksa ke dokter, pas sudah diperiksa kata dokter anak saya kena kanker payudara,” ungkapnya.

Hal ini membuat Turniah putus asa karena melihat anak perempuannya mengidap penyakit tersebut dan harus memikirkan biaya yang akan dikelurkan, karena biaya pengobatannya sangat mahal. 

Apa lagi, Turniah beserta suaminya tak memiliki pekerjaan tetap dan mereka pun tinggal di rumah tak layak huni dengan dinding bilik bambu beralaskan tanah.

Namun tak disangka nasib baik menghampiri Aulia Rahmawati. Saat ini dirinya akan segera mendapat pengobatan dan perawatan lanjutan di Rumah Sakit Sentosa Kopo Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi mengatakan semua pihak telah mengurus pengobatan Aulia hingga pada pengobatan yang tepat.

“Alhamdulillah berkat bantuan semua pihak yang mengurus sampai perjalanan pengobatannya sudah di jalur yang tepat saat ini sudah kontak dengan RS Sentosa Kopo Bandung,” kata dr. Maxi.

Ia menyebut, pada bulan ini Aulia akan melakukan kontrol untuk mendapat tindak lanjut, dan biaya pengobatan sepenuhnya ditanggung oleh BPJS dengan fasilitas KIS yang dibayar dari APBD Pemda Kabupaten Subang.

“Kita doakan, pengobatan de Aulia berjalan lancar sehingga dapat melanjutkan pendidikannya,” turunya. (cdp)

Berita Terkait