Daerah

Sawah di Desa Munjul Cocok Ditanami Buah Melon, Tidak Butuh Banyak Air

Pagaden Bara
Warga Pagaden Barat saat melihat lihat tanaman buah  melon di Blok area sawah Cijuhung Desa Munjul Kecamatan Pagaden Barat Kabupaten Subang, Kamis (19/9).v(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Pasca musim panen tanam II tahun ini, petani mencoba menanam buah melon di blok area sawah Cijuhung atau Cijukung di Desa Munjul Kecamatan Pagaden Barat Kabupaten Subang. Seperti yang telah dilakukan Kaja petani buah melon ini, mencoba menanam buah melon di area tersebut seluas 350 bata.

Menurut Kaja, kontur tanah di Desa Munjul ini sangat bagus dan cocok untuk ditanami buah buahan, seperti buah "Melon" ini. Proses tanam dan pemeliharaan hingga panen, memerlukan ketelatenan, terutama saat melon itu sudah terlihat buahnya. 

Disetiap buah melon itu, kita pasang paseuk bambu seukuran 50 cm. Hal itu agar saat membesar melon itu ada penopangnya.

Sistim pengairan atau penyiraman tanaman melon ini, tidak membutuhkan air yang banyak atau berlebih. "Kita siram setiap tiga hari sekali, dengan sistim pompa air, kemudian dialirkan menggunakan selang plastik yang sudah dibolongi dan menyirami tanaman melon ini," kata Kaja.

Dari hari ke hari tanaman melon itu terus berkembang normal, buahnya pun terus membesar, hingga siap dipanen pada usia tanam 65-70 hari atau sekitar dua bulan lebih. "Saat panen, kita petik buah yang sudah pas matang nya, kalau sekiranya masih kecil, nanti dipetik saat membesar dan matang," tuturnya.

Sementara itu, Kaja menyampaikan, untuk biaya produksi tanam melon sekitar 350 bata ini, biaya produksi yang dibutuhkan mecapai Rp 15 juta. Biaya tersebut untuk pembelian benih, pupuk, obat pertanian dan lain lain.

Dia pun memprediksi hasil panen buah melon itu sekitar 8 sampai 6 ton. "Harga saat ini cukup bagus kang, mencapai Rp 8.000/kg, kita jual ke Tengkulak (Bandar) secara langsung. Ada pula warga yang sengaja ke sini membeli langsung di sawah," ujarnya.

Tokoh petani di wilayah Pagaden Barat Saeful Bahri yang akrab disapa Arab, menyebut, bahwa area pesawahan di wilayah Desa Munjul ini sangat cocok untuk tanaman buah buahan seperti melon dan semangka.

Menurut dia, hal itu terbukti setelah beberapa tahun lalu area sawah Desa Munjul yaitu di Blok Sawah Bolang dan Cijuhung/Cijukung ini, kerap dijadikan petani sebagai area tanaman buah semangka ataupun melon, dan hasilnya bagus cukup memuaskan, rasanya manis dan buahnya bisa dibilang super. "Seperti tanaman melon ini, hasil bagus dan rasanya manis," tukasnya.(dan/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua