Daerah

SDN Soklat Masih Unggulkan Ekstrakurikuler Pramuka

SDN Soklat
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Soklat mengembangkan kualitas pendidikan dengan mengunggulkan ekstrakurikuler Pramuka untuk meningkatkan karakter siswa. (Zaenal Abidin/Pasundan Ekspes)

SUBANG-Sekolah Dasar Negeri (SDN) Soklat, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang terus berupaya mengembangkan kualitas pendidikan dengan mengunggulkan ekstrakurikuler Pramuka untuk meningkatkan karakter siswa. 

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa melalui berbagai kegiatan yang mengajarkan kebersamaan, kepemimpinan, dan kemandirian.

Menurut Humas SDN Soklat Anika, bahwa kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah telah menjadi unggulan untuk mengembangkan karakter siswa. 

"Melalui Pramuka, kami berusaha menanamkan nilai-nilai disiplin, kerjasama, kemandirian, dan tanggung jawab. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk membentuk karakter siswa yang kuat dan berintegritas," ujarnya. 

Ia mengatakan, melalui kegiatan ini siswa didorong untuk berani tampil dan memimpin, mereka diajarkan bagaimana cara mengambil keputusan dan memecahkan masalah secara mandiri. 

Selain itu, siswa juga dilatih untuk memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan sosial.

Kegiatan ini diikuti seluruh siswa mulai dari kelas 1, 2, 3 itu tingkat siaga sehingga untuk tingkat penggalang itu kelas 4, 5, dan 6. 

Anika menambahkan, untuk materi tingkat siaga itu diajarkan untuk mengenal apa itu Pramuka dan untuk penggalan itu sudah diajarkan teknis Pramuka, tali temali, materi-materi beragam sandi dan ajaran sesuai buku Syarat Kecakapan Umum (SKU).

"SDN Soklat terus berkomitmen untuk mencetak generasi muda yang tidak hanya unggul dalam bidang akademis, tetapi juga memiliki karakter memimpin, mandiri, terampil," pungkasnya.(znl/ysp) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua