Daerah

Jabar Hattrick Juara Umum PON XXI Aceh - Sumut, Purwakarta Ikut Sumbang Medali Kemenangan

Jabar Hattrick
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas raihan Jawa Barat menjadi juara umum PON XXI Aceh - Sumatera Utara.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas raihan Jawa Barat menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumatera Utara, sekaligus mencetak hat-trick juara umum PON tiga tahun berturut-turut.

"Alhamdulillah kontingen Jabar meraih medali terbanyak untuk PON XXI," kata Ilham Habibie yang diamini Ahmad Syaikhu saat dikonfirmasi melalui gawainya, Kamis (19/9).

Disebutkannya, persaingan tahun ini lebih ketat dibandingkan dua PON sebelumnya yang digelar di Jabar dan Papua. "Alhamdulillah, para atlet, ofisial dan tim Jabar berjuang sangat luar biasa sehingga target-target bisa tercapai. Bahkan, ketika ada target yang meleset maka sudah disiapkan juga backup untuk menebusnya di nomor yang lain," ujar Ilham Habibie.

Pencapaian ini, sambungnya, merupakan kerja keras yang luar biasa dari seluruh tim yang melibatkan berbagai komponen di Jawa Barat yang dikoordinir oleh KONI Jawa Barat.

"Gambaran akan keberhasilan ini sudah terlihat sejak proses penganggaran. Alhamdulillah, DPRD dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyepakati angka yang memungkinkan, sehingga semua persiapan, try out dan sebagainya bisa terlaksana dengan baik," ucapnya. 

Pun dalam persiapan teknis dan akomodasi, kata dia, Tim KONI dibantu jajaran-jajaran yang ada di Jawa Barat telah melakukan proses kerja sama yang sangat luar biasa.

"Alhamdulillah dengan persiapan ini prestasi Jawa Barat tidak bergeser atau pun berkurang, meskipun ada beberapa masalah di lapangan seperti keterlambatan transportasi atau konsumsi. Artinya, sudah disiapkan back up yang baik oleh tim persiapan di bawah koordinasi KONI Jawa Barat," kata Ilham Habibie.

Pihaknya pun menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih atas semua kerja keras atlet, ofisial dam tim, rakyat Jawa Barat pun sangat bangga dengan capaian ini. 

"Semoga menjadi motivasi dan penyemangat untuk terus berprestasi dan berjuang di sektor kehidupan masing-masing. Semoga Jawa Barat tetap sebagai provinsi yang terbaik di Indonesia," ujarnya.

Salah satu pendulang emas terbanyak adalah nomor dayung yang berhasil menyabet 26 medali emas, ditambah empat perak dan dua medali perunggu.
    
Manajer Tim Dayung Jabar Mohamad Suryadi menyatakan terima kasih kepada warga Jabar atas dukungan dan doronganya. "Kami berterima kasih kepada warga Jabar. Alhamdulillah, ini menjadi barokah untuk semua," ucap Suryadi. 

Dihubungi terpisah, Ketua Harian Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Purwakarta Adjat Sudrajat atas keberhasilan atlet-atlet dayung Purwakarta yang memperkuat Jabar di PON 2024 di Aceh dan Sumut.
     
"Atlet-atlet dayung Purwakarta yang turun di PON sukses menorehkan prestasi gemilang. Mereka turut menyumbangkan medali emas PON, di antaranya adalah Rafik Saputra, Robi Kuswandi, Krisna, Septian, Tasya, Sovia, Dewi dan Febri," kata Adjat.

Senada, Ketua Umum KONI Kabupaten Pureakarta, Aris TB Limbong, mengungkapkan, selain dayung, atlet cabor lain asal Purwakarta juga meraih medali PON sekarang ini, di antaranya atlet balap sepeda, angkat berat, senam, menembak dan lainya.      
     
"KONI Purwakarta berencana mengadakan penyambutan secara khusus, atas kedatangan atlet-atlet yang telah berlaga di PON tersebut," ujar Aris mengungkapkan.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua