Daerah

Pj Bupati Ajak Maksimalkan Potensi Subang

Pj Bupati
MUHAMMAD FAISHAL/PASUNDAN EKSPRES WAWANCARA: Pj Bupati Subang Dr Imran mengatakan, Kabupaten Subang memiliki wilayah dengan potensi yang sangat luar biasa.

SUBANG-Pj Bupati Subang Dr Imran mengatakan, Kabupaten Subang memiliki wilayah dengan potensi yang sangat luar biasa. 

"Saya ingin menyampaikan bahwa Subang kaya akan potensi. Subang itu punya wilayah laut, daratan, perbukitan dan pegunungan. Di dalamnya punya minyak bumi, di daerah atas punya tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Ia menyebutkan, Kabupaten Subang memiliki potensi tambak ikan darat sampai dengan tangkap ikan laut yang menjanjikan. 

Meskipun dengan banyak potensi tersebut, Imran katakan bahwa selama ini Subang belum bisa memaksimalkan potensi yang ada. 

"Tapi satu hal yang kita tidak punya, yaitu memaksimalkan potensi tersebut menjadi kekuatan Subang," ucapnya. 

Ia pun mencontohkan dengan terjadinya inflasi komoditas bahan pangan yang sempat terjadi beberapa waktu lepas. 

"Pertama, Subang ini penghasil beras nomor tiga terbesar se-Jawa Barat, tapi kenapa harga beras mahal? Kedua, Subang juga penghasil holtikultura salah satu yang terbesar di Jawa Barat, tapi kenapa harga cabai-cabaian, dan bawang mahal? ucapnya. 

"Pertanyaannya kenapa harga di Subang bisa naik? Analisis saya kita itu jual padi, beli beras. Jadi padi kita jual semuanya, lalu padi yang sudah kita jual kita beli lagi tapi sudah jadi beras. Begitu juga dengan cabai dan bawang, kita jual lalu kita beli lagi dari luar, pola-pola ini yang harus kita rubah" ucapnya. 

Ia berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan potensi tersebut dengan bijak dan sebaik-baiknya agar dapat memajukan Subang lebih baik lagi kedepannya.(fsh/ysp) 

Berita Terkait