Daerah

Patung Dewa di Vihara Dimandikan, Menjelang Tahun Baru Imlek

ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES BERSIH-BERSIH: Pengurus Vihara Budi Asih atau Kuan Tek Kun Bio yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Nagri Tengah, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta saat melakukan bersih-bersih vihara.

PURWAKARTA-Menjelang Tahun baru Imlek 2575 Kongzili yang jatuh pada Sabtu 10 Februari 2024, jemaat dan pengurus Vihara Budi Asih atau Kuan Tek Kun Bio yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Nagri Tengah, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta mulai bersih-bersih vihara.

Objek yang dibersihkan di antaranya, seluruh patung-patung Dewa, peralatan hingga kelengkapan di dalam Vihara itu. Sebelum melakukan membersihkan patung dewa, dilakukan ritual doa yang dilanjutkan dengan memandikan patung dewa menggunakan air kembang yang diberi wewangian melati. "Ini hari buat mandinya konco-konco yang kami yakini, semua turun, konco-konco semua, memandikan khusus menggunakan air kembang pakai minyak melati," kata Pengurus Vihara, Ci Lian Ho kepada wartawan, Selasa (6/2).

Dirinya menyebutkan, aktivitas bersih-bersih vihara ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya menjelang perayaan imlek. Ini juga sebagai simbol penghormatan kepada konco-konconya. "Semua pusaka di bersihkan, patungnya harus bersih semua, nanti setelah selesai naik lagi ke atas ke asalnya. Setelah beres kemudian sembahyang, baru pasang lilin buat sambut Imlek, lilinnya ini sampai dua bulan nyala," ujarnya.

Pantauan di lokasi, tampak warga dan pengurus tengah membersihkan semua yang ada di dalam vihara, termasuk menyiapkan semua kelengkapan yang dibutuhkan untuk sembahyang.

Adapun rangkaian perayaan imlek ini akan ditutup dengan Cap Go Meh dengan berbagai kegiatan termasuk pertunjukan barongsai. "Ini lilin nyala sampai lewat cap go meh, nanti patung-patung ini juga dibawa ke Karawang, nanti beliau-beliau (dewa) berkumpul di sana," ucap Ci Lian Ho.(add/sep)

Berita Terkait