Daerah

Camat Cijambe, Nana Suyatna: Pernah Mengajar di SD hingga Jadi Penilik

Nana Suyatna
Camat Cijambe H.Nana Suyatna M.Si

SUBANG-H. Nana Suyatna, M.Si, saat ini menjabat sebagai Camat Cijambe, Subang. Sebelum menduduki jabatan tersebut, pria kelahiran Subang 17 Juni 1969 ini, memiliki perjalanan karier yang cukup panjang dan beragam di dunia pemerintahan dan pendidikan.

H. Nana Suyatna mengawali kariernya sebagai Guru sekolah dasar (SD). Dengan latar belakang pendidikan Sarjana Pendidikan (S1), ia mengabdikan diri sebagai pendidik sebelum beralih ke bidang pemerintahan. Selain menjadi Guru SD, Nana juga pernah menjabat sebagai Penilik, sebuah posisi yang bertanggung jawab atas pengawasan dan pembinaan kegiatan pendidikan di wilayah tertentu.

Setelah berkarier sebagai Guru dan Penilik, H. Nana Suyatna memasuki dunia pemerintahan dengan menjadi Kepala Desa. Pengalaman sebagai Kepala Desa berlangsung selama enam tahun, di mana beliau mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin desa dan berinteraksi langsung dengan warganya. 

Kariernya kemudian berlanjut dengan menjabat sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial (Kasi Kesos) di Kecamatan Tambakdahan. "Setelah menjadi Kepala Desa, saya merasa nyaman bergaul langsung dengan warga masyarakat, sehingga saya memutuskan untuk tetap berada di pemerintahan sebagai Kasi Kesos," ujarnya kepada Pasundan Ekspres, Selasa (9/7).

Tidak berhenti di situ, H. Nana Suyatna kemudian diangkat menjadi Sekretaris Kecamatan (Sekmat) sebelum akhirnya menjabat sebagai Camat Cijambe. "Rangkaian jabatannya dimulai dari Kepala Desa, Kasi Kesos, kemudian Sekmat, dan sekarang menjadi Camat di Cijambe," tambahnya.

Untuk memperkuat kompetensinya di bidang pemerintahan, H. Nana Suyatna melanjutkan pendidikan S2 dalam Ilmu Pemerintahan. Selain itu, pada tahun 2022, H. Mana Suyatna juga mengikuti pendidikan profesi kepamongprajaan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). "Karena saya lulusan program profesi di IPDN, maka menurut peraturan, saya berhak untuk menjadi Camat walaupun gelar saya bukan Sarjana Ilmu Pemerintahan. Alhamdulillah, secara aturan saya berhak untuk menduduki jabatan camat," jelasnya.

Dengan pengalaman yang luas dan pendidikan yang mendukung, H. Nana Suyatna telah menjabat sebagai Camat Cijambe selama satu tahun empat bulan. 

Menurutnya, ketertarikannya untuk terus berada di dunia pemerintahan didorong oleh pengalamannya sebagai Kepala Desa, di mana beliau merasakan kepuasan dan kenyamanan dalam berinteraksi langsung dengan masyarakat. "Profesi awal saya sebagai guru sekolah dasar, dan karena dari guru SD saya dipercaya sebagai Penilik dari 2003-2006. Pada 2006, saya dipilih oleh warga masyarakat menjadi Kepala Desa hasil pilihan rakyat, dan dipercaya oleh masyarakat selama enam tahun menjadi Kepala Desa. Setelah itu, saya merasa nyaman bergaul langsung dengan warga masyarakat, sehingga saya memilih menjadi Kasi Kesos di Kecamatan Tambakdahan," ujar H. Nana Suyatna.

Visi dan misi H. Nana Suyatna sebagai Camat Cijambe adalah untuk membawa kecamatan tersebut menjadi lebih maju dan berkembang. Beliau berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya. 

"Visi misi saya itu mudah-mudahan harapan saya Kecamatan Cijambe bisa semakin maju, bisa semakin berkembang, juga pelayanan kepada warga masyarakat bisa tentunya lebih baik lagi dibandingkan dengan sebelumnya," ungkapnya.(hdi/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua