Daerah

Pemdes Margahayu, Pembangunan Jalan Dukung Program Pertanian

Pemdes Margahayu
Pemdes Margahayu saat membangun jalan cor beton Pangauban-Maja yang melintasi area pertanian.(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspes)

SUBANG-Pelaksanaan pembangunan di Desa Margahayu Kecamatan Pagaden terus bergulir setiap tahunnya. Dengan sumber anggaran dari Dana Desa ataupun bantuan keuangan desa lainnya.

Untuk tahun ini sejumlah jalan telah ditingkatkan kualitasnya dari jalan aspal menjadi jalan cor beton. Salah satunya adalah jalan Kampung Pangauban menuju Kampung Maja. Jalan tersebut juga melintasi area pertanian, dengan  sumber anggaran Dana Desa.

"Jalan ini menghubungkan Kampung Pangauban-Maja, juga melintasi area pesawahan. Jadi mendukung program pertanian," kata H. Main Kades Margahayu.

Untuk nominal anggaran dana desa yang dialokasikan yaitu sekitar Rp60 jutaan dengan panjang 80 meter lebar 3 meter, tebal 15 cm.

Menurutnya, jalan tersebut nantinya akan sangat mendukung pertanian di blok sawah tersebut, terutama saat musim panen nanti, jalan cor beton itu mampu menahan bobot kendaraan berat angkutan hasil panen.

"Jalan cor ini lebih awet kuat dan kokoh, menahan beban kendaraan angkutan padi," tuturnya.

Sementara itu, BPD Desa Margahayu Mas Bagus juga mengapresiasi kegiatan pembangunan jalan lingkungan desa itu. Bahan dan konstruksi cor beton lebih kuat dan sangat cocok di desa agraris ini.

"Saya juga sama petani juga, jadi bagus lah, jalan cor beton ini dibangun melintasi area pesawahan, artinya aspirasi petani juga terakomodir," tukasnya.(dan/ysp)

 

Berita Terkait