Daerah

Simulasi Sispamkota Upaya Pengamanan Pilkada Serentak

Polres Subang
Simulasi Sismpamkota jelang Pilkada di Jl Mayjen Sutoyo depan Polres Subang, Senin (26/8).(Cindy Desita Putri/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Subang, Polres Subang melaksanakan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Jl. Mayjen Sutoyo, tepatnya di depan Polres Subang, Senin (26/8). 

Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu  menegaskan, pentingnya kesiapan personel dalam menghadapi berbagai potensi eskalasi yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pilkada. Simulasi ini merupakan bagian dari upaya pengamanan dalam rangka Pilkada serentak. "Sispamkota adalah ilustrasi bagaimana cara bertindak kita apabila terjadi eskalasi di lapangan, mulai dari situasi yang aman hingga situasi yang tidak sesuai dengan harapan bersama," terangnya.

Simulasi ini melibatkan sekitar 650 personel gabungan yang akan diterjunkan untuk mengamankan jalannya Pilkada. Menurut Ariek, pola pengamanan akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan, termasuk di Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Kita terus memantau situasi di lapangan, melihat pos-pos mana dan TPS mana yang memerlukan pola pengamanan tertentu," ungkapnya.

Dalam simulasi tersebut, berbagai skenario dihadirkan untuk menguji kesiapan personel dalam menghadapi potensi ancaman dan gangguan keamanan. Mulai dari demonstrasi yang berujung rusuh hingga upaya pengamanan massa, semua dipraktikkan dengan tujuan memastikan kesiapan maksimal pada hari H Pilkada.

Kapolres juga menekankan bahwa dalam setiap tindakan pengamanan, pihaknya menargetkan agar tidak ada insiden yang terjadi. "Kita targetkan setiap ada unjuk rasa, zero accident dilakukan secara humanis, baik dari petugas di lapangan maupun masyarakat yang menyampaikan pendapat di muka umum. Baik dari kedua pihak atau pihak mana pun, tidak boleh ada insiden," tegasnya.

Dengan kesiapan yang matang, Ariek berharap pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Subang dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. "Seluruh personel pengamanan diinstruksikan untuk selalu sigap dan mengedepankan pendekatan humanis dalam setiap situasi yang dihadapi, demi menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat," pungkasnya.(cdp/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua