Daerah

K3S Bersama KKG Pusakajaya Gelar Lomba FTBI

Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Korwil Pusakajaya gelar kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang bertempat di SDN Kebondanas, Kamis (22/08).
Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Korwil Pusakajaya gelar kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang bertempat di SDN Kebondanas, Kamis (22/08).

SUBANG-Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Korwil Pusakajaya gelar kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang bertempat di SDN Kebondanas, Kamis (22/08).

Festival dibuka oleh Korwil Bidang Pendidikan Pusakajaya Mukhamad Ikin Nasikin,S.Pd, M. M.Pd. Korwil menyampaikan, FTBI bertujuan untuk mencintai bahasa induk, melestarikan bahasa daerah yang merupakan juga penunjang kekayaan bahasa nasional. Ikin berharap guru dan siswa untuk tetap merggunakan,merawat dan melestarikan bahasa ibu.

"Hayu urang mumule basa induk urang basa sunda sinareng urang wajib nganggeurkeun basa daerah," tutur Ikin pada sambutannya.

Acara pembukaan dihadiri, Entang Rosyadi  ketua KKKS Kab. Subang . Karnicaa,S.Pd, M.M.Pd ketua PGRI Kec. Pusakajaya, Pengawas, seluruh Kepala Sekolah dan KKGG serta para siswa peserta lomba FTBI.

Entang Rosyadi,S.Pd, M.M.Pd ketua KKKS  menyampaikan, kegiatan FTBI ini dimaksud untuk melestarikan basa induk kita yaitu bahasa Sunda agar lestari tidak tergerus oleh bahasa- bahasa asing.

Karnica,S.Pd, M.M.Pd menyampaikan kegiatan FTBI ini berjenjang oleh karena itu berharap ada siswa yang berprestasi memiliki kompetensi untuk lomba di jenjang yang lebih tinggi.

Menurut Nano, S.Pd ketua Panitia kegiatan FTBI bahwa peserta lomba diikuti oleh sekira enam puluhan siswa dari sekolah negeri dan swasta se Korwil Pusakajaya.

Adapun bidang yang dilombakan yaitu nadongeng Sunda, Biantara, masa sajak, pupuh, nulis aksara Sunda, carpon dan borangan ( ngabodor sorangan).

Nano menyampaikan para juri berjumlah 21 adalah para guru yang ditunjuk hasil musyawarah sesuai dengan kompetensinya dan perwakilan dari tiga gugus di wilayah Korwil Pusakajaya.(kin/ysp)

Tag :
Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua