Daerah

BKPSDM: Penerimaan CPNS Terbagi 3 Tahap Seleksi, Peserta Diingatkan Lebih Teliti Isi Berkas Pendaftaran

BKPSDM Kabupaten Subang
BKPSDM Kabupaten Subang mengungkapkan bahwa proses penerimaan CPNS tahun ini akan melalui tiga tahap seleksi.(Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Subang mengungkapkan bahwa proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini akan melalui tiga tahap seleksi. Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Mutasi, Ahmad Sahroni, menekankan pentingnya ketelitian dalam setiap tahap, terutama saat mengisi berkas pendaftaran.

Ahmad Sahroni menjelaskan bahwa tiga tahap seleksi tersebut mencakup Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Setiap tahap memiliki kriteria kelulusan yang ketat, dan peserta harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik. "Pada tahap pertama, yaitu Seleksi Administrasi, peserta harus memastikan bahwa seluruh berkas yang dibutuhkan telah diisi dengan benar dan lengkap. Kami sering menemukan kesalahan dalam pengisian data yang menyebabkan peserta gugur di tahap awal," ujarnya Kepada Pasundan Ekspres. 

"Oleh karena itu, saya ingin mengingatkan kembali untuk lebih teliti dan cermat saat mengisi berkas pendaftaran," tegas Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi. 
Ia menjelaskan, bahwa peserta yang lolos Seleksi Administrasi akan melanjutkan ke tahap SKD yang akan menguji kemampuan dasar seperti Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. "Kemudian dilanjut tahap terakhir yaitu SKB, akan lebih fokus pada kemampuan dan kompetensi di bidang yang sesuai dengan posisi yang dilamar," ucapnya. 

Ahmad Sahroni berharap, untuk semua peserta mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ketiga tahap ini. BKPSDM Subang akan selalu berupaya untuk memastikan proses seleksi berjalan transparan dan adil bagi semua calon.(znl/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua