Daerah

DP2KBP3A Kabupaten Subang, Duta Genre Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja, Rencanakan Berkeluarga di Masa Depan

DP2KBP3A Kabupaten Subang,
Kepala DP2KBP3A Nunung Suryani saat membuka seleksi Duta Genre dan menyampaikan arahannya, Sabtu (3/8).(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menyelenggarakan seleksi calon Duta Generasi Berencana (Genre), yang diikuti oleh 200 remaja. Pembukaan seleksi berlangsung di Kantor DP2KBP3A Kabupaten Subang, Sabtu (3/8). Dan dibuka secara resmi langsung oleh Kepala DP2KBP3A Dra. Nunung Suryani MSi.

Menurut Nunung, Duta Generasi Berencana (Genre) adalah perwujudan remaja atau pemuda yang memiliki pengetahuan, sikap, berperilaku sebagai remaja untuk menyiapkan perencanaan yang matang untuk kehidupan berkeluarga di masa depan. Duta Genre berperan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada remaja teman sebayanya untuk menghindari triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja).

Dikatakannya, tiga hal yang harus dihindari oleh remaja yaitu, pernikahan dini, napza dan seks bebas. Dengan menghindari hal tersebut diatas, remaja diharapkan bisa fokus kepada pendidikannya dan mempersiapkan dirinya untuk masa depan juga mempersiapkan untuk kehidupan berkeluarga dengan sebaik-baiknya. "Kali ini seleksi Duta Genre diikuti oleh pendaftar 200 orang, nanti diambil 30 orang kemudian grand final 10 besar," kata Nunung.

Metoda dan model seleksi para peserta harus memenuhi beberapa unsur yaitu, penampilan, prestasi yang dimiliki, kreatifitas, pengetahuan umum dan pengetahuan tentang program KB dan generasi berencana. "Jadi yang ikut seleksi, yang dinilai yaitu tadi, bila memenuhi unsur tadi, dan juga skor nilainya, maka akan kita ambil 30 terbaik, kemudian disaring lagi menjadi 10 besar," tuturnya.

Selanjutnya, Duta Genre ini, nanti akan ikut andil dan memberikan kontribusi terhadap penyiapan remaja menuju masa depan yang baik, cerah dan gemilang.(dan/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua