Daerah

Satgas Pangan Polri Pastikan Harga dan Stok Pangan Aman, Sidak Pasar Tradisional di Purwakarta Jelang Idul Adha

Satgas Pangan Polri
Satgas Pangan Polres Purwakarta bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta menggelar sidak pasar tradisional guna menjaga ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga menjelang Hari Raya Iduladha, Rabu (12/6).(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Satuan tugas (Satgas) Pangan Polri dalam hal ini Polres Purwakarta bersama Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menggelar inspeksi mendadak (sidak) pasar tradisional, Rabu (12/6).

Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain diwakili Wakapolres Kompol Ricky Ardipratama mengatakan, sidak pasar ini sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga dan ketersediaan stok pangan menjelang menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H. "Pantauan harga dilakukan di Pasar Leuwi Panjang Purwakarta. Kami mengecek langsung ketersediaan dan stabilitas harga barang, khususnya bahan pokok," kata Ricky kepada wartawan di lokasi.

Dengan adanya sidak dan memantau pasokan barang ini, sambungnya, maka ketersediaan bahan pangan pokok strategis dan harga menjelang Hari Raya Iduladha tetap terjaga stabil. "Kami harus melihat langsung situasi di pasar untuk menjamin bahwa semua kebutuhan masyarakat tersedia di pasar. Di samping itu, harganya pun tidak terlalu tinggi jelang Hari Raya Idul Adha," ujarnya.

Dari hasil sidak, sambungnya, diketahui ketersediaan bahan pokok aman dan harga terbilang stabil atau tidak mengalami kenaikan signifikan. "Hasil sidak, semuanya aman dan terkendali. Ini untuk menjaga stabilitas dan kekondusifan wilayah, jangan sampai timbul keresahan di masyarakat," ucapnya. 

Ricky menambahkan, pihaknya bakal menginstruksikan seluruh jajaran polsek di Polres Purwakarta untuk melakukan hal serupa guna memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok di seluruh pasar tradisional. "Polsek jajaran kita arahkan untuk melakukan pemantauan pasar-pasar tradisional. Sehingga jika diketahui ada kenaikan harga, maka langsung dicari sumber masalah dan solusinya," kata Ricky. 

Dirinya pun meminta masyarakat tidak khawatir dengan ketersediaan barang maupun harga komoditi di pasaran. "Intinya jangan panik berlebihan, karena kami bersama pemerintah daerah akan terus memonitor di lapangan untuk menjaga stabilitas harga maupun bahan pokok jelang Hari Raya Idul Adha," ujarnya.(add/sep)

Berita Terkait