Daerah

Perintah Pj Bupati Subang Imran Sambut Hari Raya Idul Fitri, Amankan Arus Mudik Hingga Pasokan Sembako Aman

Pj Bupati Subang
CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES PEMBAHASAN: Pj Bupati Subang, Imran saat melakukan briefing bersama Kepala OPD dan Camat membahas kesiapan menuju HBKN.

SUBANG-Penjabat (Pj) Bupati Subang, Imran membahas terkait persiapan menuju Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Pembahasan itu dilakukan dalam briefing bersama para kepala OPD dan camat di Kantor Pemda Subang, Senin (1/4). 

Memasuki Hari Raya Idul Fitri tentunya banyak yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah, seperti kesediaan bahan pokok hingga persiapan penjagaan arus mudik.

Mengenai arus mudik, Imran menjelaskan, Subang merupakan salah satu daerah yang menjadi daerah yang akan dilewati oleh para pemudik, sehingga dirinya meminta kepada seluruh jajaran untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban arus lalu lintas.

"Tolong jalan-jalan yang kemungkinan itu akan dilalui oleh kendaraan bermotor perlu dijaga keamanan dan ketertibannya,” katanya.

Menurutnya, dalam merayakan hari raya Idul Fitri masyarakat tidak turun ke jalan, dan lebih mempusatkan kegiatan di masjid demi kondusifitas menjelang hari raya.

"Saya berharap lebaran ini tidak ada insiden dan aksiden terutama pada saat malam takbiran tidak di jalan, makanya saya anjurkan takbiran itu di masjid saja, tidak turun ke jalan,” ucapnya.

Kemudian, terkait stok bahan pokok menjelang hari raya Idul Fitri, Imran berharap stok dan harga bahan pokok dapat terjaga.

"Tolong dicek kesiapan bahan pangan, cek pasar pasar sentral yang menjadi pusat penjualan bahan pokok,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Maman Firmansyah mengatakan, Pemda Subang terus menggelar Bazar Murah. Seperti di halaman kantor Desa Tambakdahan, Kecamatan Tambakdahan Senin, (1/4).

“Dalam rangka HBKN jelang Idul Fitri 2024 serta menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHS) kami menggelar bazar ini tak lain untuk memudahkan masyarakat,” kata Maman.

Dia menjelaskan, stok pangan yang disediakan oleh pemerintah daerah di antaranya beras, daging ayam, terigu, telur ayam, cabai, bawang, daging sapi, minyak goreng dan gula pasir.

“Kami bekerjasama dengan Bulog dan stakeholder terkait untuk memasok dan memenuhi kebutuhan masyarakat Subang melalui bazar Gerakan Pangan Murah (GPM) ini. Kami berharap dengan adanya GPM ini masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga murah beda dengan di pasar pada umumnya,” tuturnya.(cdp/ysp)

Berita Terkait