Daerah

Jelang Pilkada 2024, Pj Bupati Purwakarta Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Pj Bupati Purwakarta
Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan mengingatkan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Purwakarta harus netral saat Pilkada 2024.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) agar menjaga netralitas pada momen pelaksanaan Pilkada 2024.

Pasalnya, tidak lama lagi akan digelar Pilkada, yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta untuk periode 2024-2029. Hal tersebut dikatakan Benni Irwan saat melantik 1.351 PPPK di lingkungan Pemkab Purwakarta yang digelar di Alun-alun Purwakarta, Senin 3 Juni 2024. "Saya minta kepada seluruh ASN, baik itu PNS maupun PPPK yang baru dilantik di lingkup Pemkab Purwakarta untuk menjaga netralitas," kata Benni.

Dirinya menjelaskan, seorang ASN terikat dalam peraturan yang sama berkaitan dengan pemilihan kepala daerah. Benni pun tidak ingin ada persoalan-persoalan tentang netralitas ASN Pemkab Purwakarta. "Nanti jangan sampai ada ASN di Kabupaten Purwakarta yang mempunyai persoalan terkait dengan netralitas ini," ujar Benni menegaskan.

Selain itu, kata Benni, menjadi seorang ASN dituntut memiliki integritas, profesional hingga memiliki penguasaan teknologi dan informasi. "Jadi saya harap, bapak dan ibu yang terpilih dan kini sudah dilantik menjadi ASN, semoga bisa memulai pekerjaan dengan rasa syukur. Dengan begitu, bapak dan ibu diharapkan bisa bekerja dengan kreativitas dan inovasi yang baik," ucapnya.

Menurut Benni, kejujuran diperlukan agar bisa amanah, karena kejujuran itu tidak hanya diucapkan tetapi akan dilihat dan dirasakan dalam pekerjaan yang sesungguhnya. "ASN harus bekerja dengan jujur, tulus, ikhlas dan mengharapkan rida Tuhan YME. Karena menjadi ASN adalah pekerjaan mulia sebagai pelayan masyarakat," kata dia.

Benni berpesan kepada para PPPK baik itu tenaga guru, kesehatan maupun tenaga teknis di lingkungan Pemkab Purwakarta, diminta selalu bisa menguasai bidang tugasnya. "Tugas ASN ini adalah melayani masyarakat, saya harap bapak-ibu yang terpilih ini bisa menguasai bidang tugasnya," ujarnya.

Seperti diketahui, Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan telah melantik 1.351 PPPK formasi tahun 2023, dengan rincian 992 tenaga guru, 300 untuk tenaga kesehatan dan 59 untuk tenaga teknis.(adv/add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua