Daerah

Satpolairud Purwakarta Ajak Anak Gemar Membaca lewat Perpustakaan Terapung

Satpolairud Polres Purwakarta
Satpolairud Polres Purwakarta memiliki program gemar membaca guna meningkatkan literasi khususnya di kalangan anak-anak yang diwujudkan melalui fasilitas perpustakaan terapung.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Purwakarta rutin melakukan kegiatan literasi gemar membaca di samping tugas utamanya berpatroli dan pengamanan di wilayah perairan.

Edukasi gemar membaca guna meningkatkan literasi khususnya di kalangan anak-anak ini diwujudkan dengan membangun fasilitas berupa perpustakaan terapung.

Kapolres Purwakarta AKBP Lilik Ardiansyah melalui Kasat Polairud AKP Darmaji mengatakan, perpustakaan terapung ini menggunakan kapal milik Satpolairud Polres Purwakarta. Kapal ini rutin menyambangi sejumlah beberapa kawasan di wilayah Waduk Jatiluhur.

"Perpustakaan terapung ini dilengkapi dengan buku-buku bacaan sekaligus diselingi dengan sosialisasi masyarakat terkait keselamatan beraktivitas di air," kata Darmaji kepada wartawan, Ahad (8/9).

Disebutkannya, perpustakaan terapung ini merupakan salah satu program unggulan dari Korps Polairud Mabes Polri dengan sasaran utamanya adalah anak-anak usia sekolah.

"Perpustakaan terapung ini untuk anak-anak yang berada di daerah pesisir supaya mereka dapat belajar dan menambah ilmu pengetahuannya dengan cara membaca," ujar Darmaji. 

Akan tetapi, sambungnya, masyarakat umum juga bisa memanfaatkan fasilitas ini. "Perpustakaan terapung ini juga untuk memfasilitasi sekolah-sekolah dan kelompok masyarakat yang tinggal di pesisir Waduk Jatiluhur," ucapnya.

Dirinya menyebutkan, perpustakaan terapung menyediakan berbagai jenis buku bacaan. Buku yang ada saat ini meliputi pengetahuan umum dan bacaan ringan, yang diharapkan dapat meningkatkan minat membaca terlebih dahulu.

"Pentingnya literasi dalam membentuk generasi yang cerdas dan berwawasan luas. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan memberi dampak positif bagi anak-anak untuk lebih mencintai dunia literasi," katanya. 

Pihaknya pun berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan menambah jenis buku dan jumlah buku yang tersedia. Tak hanya itu, perpustakaan terapung juga sebagai wujud implementasi strategi community policing dan perwujudan Polres Purwakarta Hade.

"Tujuannya untuk mempererat hubungan masyarakat dengan Polri di mana personel Polri hadir dalam setiap sendi kehidupan masyarakat dan bisa menjadi problem solver," ujarnya.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua