Daerah

KNPI Kabupaten Purwakarta Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 Bersama KPU Purwakarta

KNPI Kabupaten Purwakarta
Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 yang digelar oleh KNPI Kabupaten Purwakarta bersama KPU Purwakarta di Sekretariat KNPI Purwakarta.(Maldiansyah/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA – Dalam upaya mendorong partisipasi pemuda dan mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi Kabupaten Purwakarta, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Purwakarta menggelar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta pada Kamis, (15/8).

Acara sosialisasi yang bertempat di Sekretariat KNPI Kabupaten Purwakarta ini menghadirkan Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Purwakarta, Oyang Este Binos, sebagai narasumber. Sosialisasi tersebut membahas tahapan Pilgub Jabar dan Pilbup Kabupaten Purwakarta yang akan berlangsung pada tahun 2024.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Purwakarta, Ryan Andriana, menyatakan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menambah wawasan pemuda yang tergabung dalam KNPI mengenai proses Pilkada Serentak 2024. 

“Ini bisa dijadikan modal oleh kami, para pemuda Kabupaten Purwakarta, dalam menambah pengetahuan tentang apa saja yang berkaitan dengan Pilkada Serentak 2024,” ujar Ryan.

Ryan menjelaskan bahwa inisiatif mengadakan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam Pemilihan Kepala Daerah mendatang. Ia menilai bahwa pemuda memiliki peran penting dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat guna mewujudkan Pilkada yang berkualitas. 

"Kami menilai, pemuda sangat berperan dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk mewujudkan Pilkada berkualitas," ungkapnya.

Ryan juga berharap generasi muda di Kabupaten Purwakarta tidak apatis terhadap pelaksanaan Pilkada dan dapat berperan aktif dalam menciptakan suasana yang aman dan damai. 

“Saatnya pemuda Purwakarta menunjukkan sikap peduli akan nasib daerahnya dengan cara berperan aktif dalam pesta demokrasi untuk memilih pemimpin Purwakarta dan Jawa Barat lima tahun ke depan,” tambah Ryan.

Sementara itu, Oyang Este Binos dari KPU Purwakarta menekankan pentingnya keterlibatan pemuda sebagai bagian dari kemajuan demokrasi. 

“Pemuda kaya akan visi, energik, dan optimisme tinggi. Besar harapan kami pemuda ikut andil dalam mensosialisasikan pilkada kepada masyarakat,” kata Binos.

Binos menjelaskan bahwa pemuda memiliki kemampuan untuk menyebarkan ide, nilai, dan program penting kepada masyarakat, terutama dalam hal informasi mengenai Pilkada. 

“KNPI strukturnya luas. Kita punya harapan informasi terkait pilkada bisa menyebar lebih luas lagi kepada warga,” ujar Binos.

Sosialisasi ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang sering dilakukan KPU Purwakarta dengan menggandeng kelompok atau komunitas di daerah. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Purwakarta agar lebih maksimal pada pelaksanaan Pilkada nanti.

“Sampaikan dan ajak warga datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya pada 27 November 2024,” pesan Binos mengakhiri sesi sosialisasi tersebut.(mas/ded)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua