Daerah

KPU Purwakarta Apresiasi 2.788 Pantarlih Coklit Tepat Waktu

KPU Purwakarta
Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Purwakarta, Oyang Este Binos, mengapresiasi kinerja Pantarlih yang telah melakukan proses coklit tepat waktu.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta mengapresiasi kinerja 2.788 petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) yang telah menyelesaikan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih tepat waktu.

"Betul coklit telah selesai dan kami sangat mengapresiasi kinerja para pantalih. Mereka bekerja keras menyelesaikan coklit tepat waktu," kata Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Purwakarta, Oyang Este Binos kepada wartawan, Kamis (25/7).

Tidak hanya kepada pantarlih, ungkapan serupa ia sampaikan kepada 738.583 calon pemilih di Kabupaten Purwakarta. Sepanjang proses coklit, 24 Juni - 24 Juli 2024, masyarakat telah meluangkan waktu menerima kedatangan pantarlih untuk coklit. Tanpa komitmen para pihak, termasuk pemilih, sulit coklit selesai tepat waktu. 

Hasil coklit, kata Binos, selanjutnya akan diolah dan direkap oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). Lalu diumumkan ke publik. "Output akhirnya nanti Daftar Pemilih Tetap atau DPT," ujar Binos.

Sebagaimana diketahui, KPU Purwakarta sebelumnya merekrut 2.788 untuk ditempatkan di 1.421 TPS (Tempat Pemungutan Suara). Untuk TPS dengan jumlah pemilih di atas 400, ditugaskan dua orang pantarlih. 

Sedangkan di bawah 400 pemilih, satu orang. Mereka bertugas melakukan pencocokan data dengan mendatangi langsung rumah para calon pemilih. Pantarlih lalu menempelkan stiker bukti telah dicoklit.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua