Daerah

Olimpiade Pertanian Indonesia Mulai Diperkenalkan, Di Kabupaten Subang

Olimpiade Pertanian Indonesia
Fakultas Pertanian Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Canvassing Sosialisasi Olimpiade Pertanian Indonesia wilayah Subang, Provinsi Jawa Barat, yang bertempat di Aula SMAN 1 Subang, pada Rabu (31/7). (Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Fakultas Pertanian Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Canvassing Sosialisasi Olimpiade Pertanian Indonesia wilayah Subang, Provinsi Jawa Barat, yang bertempat di Aula SMAN 1 Subang, pada Rabu (31/7). 

Acara sosialisasi Olimpiade Pertanian Indonesia ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV provinsi Jawa Barat, Ketua Ikatan Alumni IPB Subang, Alumni SMAN 1 Subang sekaligus Pewirausaha, Ketua Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Alam, Wakasek Kesiswaan, Para guru dari berbagai sekolah, dan para tamu undangan lainnya.

Ketua Departemen Ilmu Tana dan Sumber Daya Alam Diah Retno Panuju menyampaikan, tujuan canvassing sosialisasi untuk melakukan promosi tentang skop dari program studi yang ada di fakultas Pertanian kepada calon mahasiswa IPB. 

"Jadi dengan ini bisa memperkenalkan lebih detail sehingga siswa dapat detail mengetahui fakultas pertanian itu seperti apa, ada program studi apa saja, apa saja yang dipelajari, dan setelah lulus menjadi apa," ungkapnya. 

Diah mengatakan, selain memperkenalkan program studi, ini kali pertama perkenalan Olimpiade Pertanian Indonesia yang notabene target olimpiade ini untuk meningkatkan minat anak SMA untuk belajar di Pertanian. 

"Jadi untuk olimpiade ini sendiri masih terbilang tahun pertama kita baru melaksanakan Canvassing di 12 lokasi yang dipilih sedemikian rupa yang dimana lokasi pertaniannya masih dominan. Tentunya pantai utara jawa Barat merupakan salah satu lumbung yang memiliki kontribusi besar untuk beras khususnya pangan di Indonesia" ucapnya. 

Kegiatan canvassing ini disosialisasikan kepada beberapa sekolah yang berwilayah di Karawang, Subang, dan Indramayu.

Selanjutnya, Wakil Ketua Keluarga Alumni Fakultas Pertanian IPB Ganjar Putra Panggalih menyampaikan Canvassing Olimpiade Pertanian Indonesia ini adalah event pertama yang di selenggarakan oleh Fakultas Pertanian IPB University. 

"Untuk Olimpiade Pertanian Indonesia sendiri ada 4 mata lomba, yaitu ada Cepat Tepat, Gagasan Tertulis, Foto, dan Videografi," jelasnya. 

Ia menjelaskan, untuk hadiah yang didapatkan para siswa dalam mata lomba Capat Tepat dan Gagasan Tertulis fakultas Pertanian IPB menyediakan hadiah utama selain uang dan sertifikat juga ada Golden Ticket. Khusus golden ticket ini bisa digunakan untuk masuk ke fakultas pertanian IPB tanpa tes.

Kemudian tujuan utamanya adalah kita ingin meningkatkan literasi khususnya anak-anak sekolah SMA tentang Pertanian dan pendidikan Pertanian, serta meningkatkan minat siswa akan dalam bidang pertanian. 

Ganjay berharap, Olimpiade Pertanian Indonesia ini dapat berjalan dengan sukses, sukses dengan artian pesertanya banyak dan kita bisa mendapatkan talenta terbaik untuk menjadi juara.

Terlihat para peserta, para guru, dan pendamping sangat antusiasme mengikuti Sosialisasi Olimpiade Pertanian Indonesia tersebut.(znl/ysp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua