Film

Sinopsis Film Monster, Tayang di Bisokop Indonesia

Film terbaru berjudul "Monster" karya sutradara Hirokazu Kore-eda mulai diputar di bioskop-bioskop Indonesia mulai pada hari Rabu (3/1). (DOK ISTIMEWA)

PASUNDAN EKSPRES - Film terbaru berjudul "Monster" karya sutradara Hirokazu Kore-eda mulai diputar di bioskop-bioskop Indonesia mulai pada hari Rabu (3/1). 

Film ini menceritakan tentang hubungan antara seorang anak laki-laki, ibunya, dan gurunya di sekolah. Berikut sinopsisnya. 

Sinopsis Film Monster

Seorang ibu bernama Saori Mugino (Sakura Ando) membesarkan anak laki-laki semata wayangnya, Minato (Soya Kurokawa) seorang diri.

Minato, seorang anak laki-laki yang masih duduk di kelas 5 SD, mulai menunjukkan perubahan sikap yang dirasakan oleh Saori, ibunya. 

Perubahan itu semakin terasa ketika Minato sering kali mengucapkan frasa yang diulang-ulang, yaitu "Siapakah monsternya?"

Situasi ini membuat Saori yakin bahwa ada sesuatu yang telah terjadi pada Minato. Akhirnya, Minato mengaku bahwa dia telah mengalami kekerasan fisik oleh wali kelasnya di sekolah, Michitoshi Hori (diperankan oleh Eita Nagayama).

Sebagai seorang ibu, Saori tentu saja merasa marah dan tidak dapat menerima perlakuan tersebut terhadap anaknya. Ia pun memutuskan untuk mengunjungi sekolah Minato.

Di hadapan Hori dan pihak sekolah, Saori mengungkapkan kecaman dan menuntut penjelasan dari Hori. Namun, yang diterima oleh Saori pada saat itu hanyalah permintaan maaf yang tidak tulus dari Hori dan pihak sekolah.

Setelah kejadian tersebut, hubungan antara ibu, anak, dan guru di antara mereka mulai terkuak.

"Monster" adalah film terbaru yang disutradarai oleh Hirokazu Kore-Eda, dengan naskah yang ditulis oleh Yuji Sakamoto.

Hirokazu Kore-Eda dikenal sebagai sutradara kawakan Jepang yang merilis sejumlah karya ikonis, seperti After Life (1998), Like Father, Like Son (2013), Shoplifters (2018), hingga Broker (2022).

Monster menampilkan sejumlah aktor Jepang seperti Sakura Ando, Eita Nagayama, Soya Kurokawa, Yuko Tanaka, dan Hinata Hiiragi.

Film ini pertama kali ditayangkan di Festival Film Cannes 2023 pada bulan Mei, sebagai peserta dalam kompetisi untuk memperebutkan penghargaan Palme d'Or. Setelah itu, Monster tayang perdana di Jepang pada tanggal 2 Juni.

Monster juga telah ditayangkan di Festival Film Busan 2023 dan Festival Film Internasional Toronto 2023.

Sebelum dirilis secara reguler, film Monster juga telah ditayangkan secara terbatas di dua festival film di Indonesia. Film ini masuk dalam lineup Jakarta World Cinema Week 2023 yang diadakan pada bulan November, serta JAFF 2023 yang berlangsung pada November-Desember tahun lalu.

Film Monster kemudian mulai diputar di bioskop-bioskop di Indonesia pada tanggal 3 Januari 2024.

Berita Terkait