Film

Apakah Ada Hadits tentang Film Ipar Adalah Maut?

Apakah Ada Hadits tentang Film Ipar Adalah Maut?

PASUNDAN EKSPRES - Film Ipar Adalah Maut masih menjadi sorotan sejak tayang pada 13 Juni 2024 di bioskop. Film yang dibintangi oleh   Michelle Ziudith, Deva Mahendra hingga Davina Karamoy tersebut baru-baru ini ternyata disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW.

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 إِيَّاكُمْ وَالدُّخُولَ عَلَى النِّسَاءِ فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَرَأَيْتَ الْحَمْوَ . قَالَ الْحَمْوُ الْمَوْتُ

 

“Berhati-hatilah kalian masuk menemui wanita.” Lalu seorang laki-laki Anshar berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat Anda mengenai ipar?” Beliau menjawab, “Hamwu (ipar) adalah maut.” (HR. Bukhari no. 5232 dan Muslim no. 2172)

BACA JUGA:Penjelasan Ending Drama High School Return of a Gangster, Song Yi Heon Asli Pergi ke Akhirat

Hamwu (ipar) dalam hadits tersebut tidak hanya terpaku pada saudara ipar, tapi juga kerabat yang bukan mahram. Sementara, kata 'maut' menjelaskan bahwa perlunya waspada terhadap hubungan antara keluarga dekat yang bukan mahram.

Sebab, hubungan antara keluarga dekat yang bukan mahram bisa mengantarkan pada zina. Ipar Adalah Maut adalah film yang diangkat dari kisah nyata yang ceritanyan diviralkan oleh seorang content creator dengan akun @elizasifa.

BACA JUGA:Sinopsis Film Marni: The Story of Wewe Gombel, Kisah Seorang Gadis Penjual Jamu yang Melakukan Balas Dendam

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini bercerita tentang  kehidupan rumah tangga sebuah keluarga kecil yang kandas akibat kehadiran adik kandung yang tinggal serumah. Di akhir film, juga ditampilkan hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang menjelaskan tentang Ipar Adalah Maut.Seminggu tayang di bioskop, film  Ipar Adalah Maut berhasil mengumpulkan 1,5 juta penonton.

(nym) 

Berita Terkait