Film

Film Terbaik FFI Women from Rote Island Tayang 22 Februari

Film Terbaik FFI Women from Rote Island Tayang 22 Februari

PASUNDAN EKSPRES - Lama dinantikan, akhirnya film Women from Rote Island dipastikan akan tayang di bioskop pada 22 Februari 2024.

Juara umum Piala Citra 2023 itu akhirnya tayang di layar lebar usai menyambangi banyak festival film internasional.

Kabar perilisan tersebut diumumkan lewat akun media sosial resmi Bintang Cahaya Sinema selaku rumah produksi film Women From Rote Island.

Pengumuman itu disertai dengan poster Women From Rote Island yang menampilkan Irma Rihi sebagai Martha, sang pemeran utama. Ia tampak terkurung di sebuah ruangan dengan rantai yang mengikat kakinya.

"Setelah diputar di berbagai festival film dan memenangkan Piala Citra FFI, Woman From Rote Island kini bisa di saksikan mulai 22 Februari 2024 di bioskop seluruh Indonesia," tulis akun @bintangcahayasinema.

Women from Rote Island tayang perdana secara global di Busan International Film Festival pada 7 Oktober 2023. Film itu juga sempat menyambangi Jakarta Film Week 2023 dan Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2023.

Selain itu, Women from Rote Island berhasil mendominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2023.

Film tersebut memboyong semua kategori yang dinominasikan, yaitu Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, dan Pengarah Sinematografi Terbaik.

Kategori Sutradara Terbaik sekaligus Penulis Skenario Asli Terbaik diborong oleh Jeremias Nyangoen. Sementara itu, Joseph Christoforus Fofid membawa pulang Piala Citra kategori Pengarah Sinematografi Terbaik.

Film itu mengisahkan Orpha (Linda Adoe) yang suaminya baru meninggal dunia. Hal itu membuatnya kini tinggal bersama tiga anak perempuannya.

Orpha kini juga berhadapan dengan diskriminasi dan tradisi turun temurun yang membuat perempuan selalu menjadi gender kedua, di bawah laki-laki, dan menjadi korban kekerasan.

Film tersebut mengambil latar di Pulau Rote dan menampilkan kerasnya kehidupan di sana yang begitu kontras dengan keindahan alam dan sumber dayanya.

Women from Rote Island merupakan film debut sutradara Jeremias Nyangoen yang sebelumnya terlibat dalam penulisan naskah Denias, Senandung di Atas Awan (2006), hingga Serdadu Kumbang (2011). Film tersebut dibintangi Linda Adoe, Irma Rihi, Sallum Ratu, dan Van Jhoov.

(nym)

Berita Terkait