Film

Mengenang Film Pendek Tilik, Awal Mula Popularitas Bu Tejo

Mengenang Film Pendek Tilik, Awal Mula Popularitas Bu Tejo

PASUNDAN EKSPRES - Masih ingat dengan karakter Bu Tejo di film pendek Tilik yang viral di YouTube pada 2020? 

Kali ini, karakter yang diperankan oleh Siti Fauziah itu akan kembali menyapa penggemar melalui film Bu Tejo Sowan Jakarta.

Bu Tejo Sowan Jakarta adalah satu dari beberapa proyek pengembangan imbas kesuksesan dan popularitas Tilik.

Dilansir CNN, sebelum sukses tayang di channel YouTube resmi Ravacana Films, Tilik sempat tayang secara eksklusif pada 2018 di beberapa festival film lokal maupun internasional.

Gak main-main, Tilik berhasil meraih penghargaan kategori Film Pendek Terpilih Piala Maya 2018. 

Selain itu, film ini juga terpilih menjadi Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Tilik bercerita tentang rombongan ibu-ibu yang menempuh perjalanan dengan truk untuk menjenguk Ibu Lurah di rumah sakit. Dalam bahasa Jawa, "tilik" berarti menjenguk orang sakit.

Sepanjang perjalanan, Bu Tejo (Siti Fauziah) menjadi orang yang paling banyak berbicara. Ia kerap membicarakan perempuan muda bernama Dian, kembang desa di tempat mereka berasal.

Tanpa memastikan informasi yang valid, Bu Tejo gibah tentang Dian, seperti mencurigai Dian yang masih melajang sebagai perempuan 'nakal' karena satu dan lain hal dari kejadian yang ia saksikan.

Ibu-ibu lain terpancing membicarakan Dian lebih dalam, atau dengan kata lain bergosip. Spekulasi yang mereka dengar terus dikembangkan hingga Dian terasa seperti sosok negatif.

Gegara aktingnya yang penuh energi saat memerankan karakter Bu Tejo. sosoknya pun menjadi sensasi di dunia maya semasa pandemi Covid - 19 merajalela.

Sepanjang 2020, film pendek Tilik menjadi film yang paling banyak dicari dalam Google Indonesia berdasarkan laporan Year in Search 2020.

Menurut laporan tersebut, Tilik bahkan mengalahkan film dan serial televisi dari luar negeri yang rilis kala itu, seperti The World of The Married.

Pada tahun itu, peringkat kedua pencarian film atau serial televisi dalam Google Indonesia ditempati Crash Landing on You yang juga sempat menjadi perbincangan. Disusul Milea, The World of The Married, dan Mariposa.

Kemudian dari peringkat lima sampai 10 ditempati Mulan, Money Heist, It's Okay to Not Be Okay, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), dan Bucin.

Bukan hanya terpopuler di mesin pencari Google, penayangan Tilik di YouTube juga berhasil mengundang 10 juta penonton, hanya delapan hari setelah film itu dirilis di YouTube.

Per Kamis (18/1), Tilik tercatat memiliki 28 juta penonton, sekaligus menjadi film terlaris yang diunggah oleh kanal resmi Ravacana Films di YouTube.

Aksi terbaru Bu Tejo bisa disaksikan dalam film Bu Tejo Sowan Jakarta sudah tayang sejak 18 Januari di bioskop.

(nym) 

Berita Terkait