Film

Despicable Me Cetak Rekor Jadi Waralaba Animasi Pertama Cetak US$5 M

Despicable Me Cetak Rekor Jadi Waralaba Animasi Pertama Cetak US$5 M

PASUNDAN EKSPRES - Despicable Me berhasil mencatat rekor sebagai waralaba animasi pertama yang mendapatkan US$5 miliar. Capaian itu diperoleh setelah Despicable Me 4 mengumpulkan US$437,8 juta selama tayang di bioskop.Diberitakan Variety pada Minggu (14/7/24), Despicable Me 4 menghasilkan US$5 miliar atau setara dengan Rp80,7 triliun (US$1 = Rp16.156) setelah mendapat tambahan US$88 juta dari pasar internasional.

Pendapatan terbaru itu membuat Despicable Me 4 semakin mendominasi di puncak waralaba animasi terlaris sepanjang masa. Waralaba itu semakin jauh melampaui Shrek yang kini berada di peringkat dua dengan US$4 miliar.Sedangkan, lima besar waralaba terlaris itu juga diisi Toy Story dengan US$3,27 miliar, Ice Age dengan US$3,21 miliar, dan Frozen dengan US$2,7 miliar.

BACA JUGA:Sinopsis Film Kang Mak (2024): Remake dari "Pee Mak" Thailand yang Legend dan Mengundang Tawa

Despicable Me 4 sejauh ini juga mencetak capaian box office yang tinggi. Menurut data Box Office Mojo pada Senin (15/7), film itu menghasilkan box office domestik sebesar US$211 juta.Perolehan box office internasional film keempat itu juga menghasilkan angka impresif sebesar US$226 juta. Dengan begitu, capaian global Despicable Me 4 kini meraih US$437,8 juta pada akhir pekan kedua penayangan.

Angka box office global itu juga membuat Despicable Me 4 menempati posisi kelima film terlaris pada 2024. Film itu pun masih berada di bawah dua film animasi lain, yakni Inside Out 2 dan Kung Fu Panda 4.Inside Out 2 berada di peringkat teratas film terlaris pada 2024 dengan US$1,35 miliar, sementara Kung Fu Panda 4 menempati peringkat keempat dengan US$544 juta.

BACA JUGA:Kini Tayang di Netflix! Ini Sinopsis dan Daftar Pemain Pasutri Gaje

Despicable Me 4 dirilis setelah film ketiganya rilis pada 2017 dan Minions: The Rise of Gru sebagai sekuel dari spin-off Minions (2015) hadir pada 2022.Film keempat ini dinilai sebagian besar kritikus dengan buruk karena berhubungan dengan kualitas cerita yang "membosankan" dan "hampa".

Namun, Despicable Me 4 mendapatkan penilaian yang baik dari penonton. Angka rating film ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Despicable Me 2 dan 3.Despicable Me 4 mengisahkan kehidupan normal Gru bersama istrinya, Lucy, dan empat anaknya: Margo, Edith, Agnes, dan Gru Jr yang masih bayi, yang terganggu karena musuh lama bernama Maxime Le Mal kabur dari penjara. Dalam pesan kepada Gru sebelum Maxime kabur dari penjara, penjahat separuh kecoak itu mengatakan akan segera mencari Gru dan membalaskan dendam lamanya.

(nym)

 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua