Film

5 Film Horor yang Berhasil Menembus Nominasi Oscar, Serem-serem Semua!

5 Film Horor yang Berhasil Menembus Nominasi Oscar, Serem-serem Semua!
5 Film Horor yang Berhasil Menembus Nominasi Oscar, Serem-serem Semua! (Image From: Get Out/IMDb)

PASUNDAN EKSPRES - Film horor yang berhasil menembus nominasi Oscar. Film horor terkadang menjadi salah satu genre film yang selalu mendapatkan pasarnya sendiri. Banyak orang yang memilih film horor sebagai tontonan yang wajib dinikmati.

Tapi, terkadang masih banyak yang menganggap bahwa film horor bukanlah sebuah hiburan yang layak untuk ditonton. Namun, walaupun demikian, beberapa film horor berikut pernah sangat populer sampai menembus nominasi sebuah ajang penghargaan perfilman dunia, yaitu Piala Oscar.

Sejak didirikan pada tahun 1928, Akademi Seni dan Ilmu Perfilman Hollywood (Academy of Motion Picture Arts and Sciences) telah memberikan penghargaan bergengsi bagi industri film. Memenangkan Academy Awards, atau Piala Oscar, merupakan salah satu pencapaian paling prestisius bagi seorang sineas atau aktor.

So, kira-kira apa saja film horor yang berhasil menembus nominasi Oscar? Simak jawabannya di sini. 

Film Horor yang Berhasil Menembus Nominasi Oscar 

Berikut adalah beberapa film horor yang berhasil menembus nominasi Oscar

The Exorcist 

Film horor yang berhasil menembus nominasi Oscar yang pertama adalah film The Exorcist. Film horor The Exorcist dinominasikan dalam 10 kategori Academy Awards, menjadikannya film horor pertama yang dinominasikan untuk kategori Piala Oscar terprestisius, Best Picture.

Meskipun tidak berhasil memenangkan kategori Best Picture, The Exorcist berhasil meraih penghargaan Oscar untuk kategori Best Original Screenplay dan Best Sound. Film The Exorcist menceritakan tentang seorang gadis berusia 12 tahun yang dirasuki oleh iblis, dan perjuangan ibunya untuk membebaskan putrinya dari kekuatan jahat tersebut.

Get Out 

Film berikutnya adalah film horor Get Out yang ditulis dan disutradarai oleh Jordan Peele. Film ini tidak hanya dinominasikan pada ajang Academy Awards, melainkan memenangkan nominasi dengan kategori Best Original Screenplay.

Film ini dinominasikan dalam 3 kategori, seperti Best Picture, Best Director dan Best Actor. Film ini berpusat pada karakter Chris, seorang pria berkulit Afrika-Amerika yang pergi mengunjungi keluarga pacarnya yang berkulit putih.

BACA JUGA: Apa Judul Film Marvel Terbaru " The Fantactic Four" yang akan Tayang Tahun 2025 Nanti?

BACA JUGA: 3 Film Tayang 1 Agustus 2024 di Bioskop: Super Ngantri dan Layak Ditonton!

Kunjungan yang awalnya diharapkan menyenangkan justru berubah menjadi menakutkan ketika Chris menemukan rahasia gelap yang tersembunyi di balik keluarga pacarnya.

The Silence of the Lambs 

Film horor yang berhasil menembus nominasi Oscar berikutnya adalah film The Silence of the Lambs. Film ini merupakan film horor psikologis yang diambil dari novel karangan Thomas Harris.

Film ini tidak hanya pernah dinominasikan pada Piala Oscar, tetapi memenangkan 5 Piala Oscar dengan kategori Best Picture, Best Actor, Best Actress, Best Director, dan Best Adapted Screenplay. Sampai saat ini, The Silence of the Lambs merupakan satu-satunya film horor yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi Academy Award untuk kategori Best Picture.

Film The Silence of the Lambs menceritakan tentang seorang agen FBI muda yang harus meminta bantuan dari seorang pembunuh kanibal yang dipenjara, untuk membantu menangkap pembunuh berantai lain yang membunuh korbannya dengan cara menguliti mereka.

Jaws 

Film Jaws juga berhasil masuk dalam nominasi Oscar. Film ini menceritakan teror yang ditimbulkan oleh seekor hiu putih besar yang memangsa manusia di pantai di Pulau Amity.

Meskipun tidak memenangkan penghargaan Best Picture, Jaws berhasil memenangkan tiga dari empat nominasi Academy Award yang diperolehnya, yaitu untuk kategori Best Original Score, Best Film Editing, dan Best Sound Mixing.

Black Swan 

Film horor yang berhasil menembus nominasi Oscar selanjutnya ada film Black Swan. Film Black Swan menceritakan tentang Nina (diperankan oleh Natalie Portman), seorang penari balet yang ditugaskan untuk menggantikan balerina utama perusahaan dalam produksi pembukaan Swan Lake.

Film ini disutradarai oleh Aaron Aronofsky dan menampilkan adegan-adegan yang menyeramkan, seperti kuku berdarah, tulang patah, dan luka tusuk. Atas penampilannya yang luar biasa dalam film ini, Natalie Portman berhasil meraih Piala Oscar.

Nah, itulah mengenai beberapa film horor yang berhasil menembus nominasi Oscar. 

(ipa)

 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua