Finansial

Gurita Bisnis Chairul Tanjung yang Sebarkan Kekayaan Tiada Tara

Gurita Bisnis Chairul Tanjung yang Sebarkan Kekayaan Tiada Tara
Gurita Bisnis Chairul Tanjung yang Sebarkan Kekayaan Tiada Tara (Image From: Bukunesia)

PASUNDAN EKSPRES - Gurita Bisnis Chairul Tanjung menjadi topik yang hangat, seolah tiada surut untuk diperbincangkan.

Chairul Tanjung adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia yang dikenal luas berkat kepiawaiannya dalam membangun dan mengembangkan berbagai jenis usaha. 

Gurita Bisnis Chairul Tanjung yang Menginspirasi 

Dengan perjalanan karier yang dimulai dari nol, ia berhasil mengukir namanya di berbagai sektor bisnis, termasuk media, ritel, dan keuangan.

Meskipun Chairul Tanjung tidak lulus dari sekolah bisnis dan dikenal sebagai 'Si Anak Singkong,' pengalaman praktis yang diperolehnya selama studi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia justru membuatnya semakin cerdas dalam mengenali peluang bisnis yang menguntungkan.

BACA JUGA: Ekonomi Indonesia 2024: Kenapa Kondisi Makin Lesu?

BACA JUGA: Update Harga Emas Antam Hari Ini: Turun Rp12.000 per Gram

Forbes Real Time Billionaires mencatat bahwa Chairul Tanjung saat ini adalah orang terkaya kedelapan di Indonesia, dengan total kekayaan mencapai US$4,8 miliar atau sekitar Rp78,59 triliun (berdasarkan kurs jisdor Rp16.374 per dolar AS).

Kekayaannya tersebut diperoleh dari portofolio bisnis yang mencakup berbagai sektor, termasuk perbankan, media, dan ritel.

Di sektor keuangan, Chairul Tanjung memiliki kepemilikan di lima bank di Indonesia. Salah satunya adalah PT Bank Mega Tbk. (MEGA), di mana ia menjabat sebagai komisaris utama dan juga merupakan pemegang saham pengendali melalui entitas holding PT Mega Corpora dengan kepemilikan sebesar 58,02%.

Sementara itu di media, Chairul Tanjung adalah pemegang saham utama di perusahaan media CT Corp. Perusahaan ini mengelola berbagai saluran media di Indonesia, termasuk televisi dan platform online terkemuka.

Di antara media yang berada di bawah naungan CT Corp adalah TransTv, Trans7, Transvision+, Female Daily, Trans Media Sosial, CNN Indonesia, Haibunda, CNBC Indonesia, Beautynesia, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Chairul Tanjung juga melebarkan sayapnya ke penyediaan jasa dalam perjalanan wisata.

Chairul Tanjung menjadi pemilik di The Trans Luxury Hotel, The Trans Resort Bali, Fashion Hotel Legian, ibis Hotels Bandung Trans Studio. Ia juga mempunyai saham di maskapai penerbangan, mulai dari Citilink sampai Garuda Indonesia. 

Chairul Tanjung juga merupakan pemegang saham utama di bidangan pengembangan properti dengan PT Trans Property yang merupakan anak perusahaan.

Ia juga menjadi pemegang lisensi Jimmy Choo, Versace, Mango. Lalu, CT Corp menjadi master franchise dari Baskin Robbins, The Coffee Bean & Tea Leaf, dan masih banyak lagi. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua