Gadget

Ini Calon Ponsel Pertama yang Gunakan Snapdragon 8 Gen 4

HP pertama Snapdragon 8 Gen 4
HP pertama Snapdragon 8 Gen 4. (screenshot @gizchina.com)

PasundanEkspres - Qualcomm baru-baru ini mengumumkan jadwal Snapdragon Summit 2024. Kini, muncul rumor tentang handphone pertama yang akan menggunakan chip yang dirilis dalam acara tahunan tersebut.

Snapdragon Summit tahun ini akan diadakan pada 21 Oktober 2024 di Pulau Maui, Hawaii, yang kembali menjadi lokasi acara.

Menurut laporan, Qualcomm akan meluncurkan Snapdragon 8 Gen 4 dengan teknologi proses 3nm canggih dari TSMC, yang akan melampaui kinerja pendahulunya.

Bocoran mengungkapkan bahwa chipset ini akan didukung oleh CPU Oryon dengan kecepatan clock yang konon mencapai 4,2 GHz, menjadikannya yang tertinggi di antara generasi sebelumnya. Arsitekturnya akan menggunakan desain Nuvia Phoenix dari Qualcomm, yang dioptimalkan untuk memberikan efisiensi dan kecepatan komputasi yang unggul.

Berdasarkan informasi dari leaker @DigitalChatStation, Snapdragon 8 Gen 4 akan memulai debutnya dengan seri Xiaomi 15. Ini berarti seri Xiaomi 15 akan menjadi HP pertama yang menggunakan prosesor terbaru tersebut.

Hal ini sebenarnya tidak mengejutkan karena bukan pertama kalinya perangkat Xiaomi menjadi yang pertama menggunakan prosesor unggulan Snapdragon. Tahun lalu, Xiaomi 14 adalah HP pertama yang debut dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3, yang diluncurkan pada Oktober 2023.

Xiaomi 15 sendiri masih mengedepankan sektor fotografi dengan kamera utama 50 megapiksel, lensa ultra-wide 50 megapiksel, dan telephoto 50 megapiksel.

Layar Xiaomi 15 masih dibuat flat dengan resolusi 1,5K. Bingkai tengah logam dan desain bodi kacanya meningkatkan daya tahannya.

Ada kemungkinan Xiaomi 15 akan dirilis pada bulan yang sama dengan Snapdragon Summit 2024. Apakah Anda tertarik menanti kehadirannya di Tanah Air?

Berita Terkait