Gadget

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Resmi Dirilis, Layarnya Jadi Lebih Besar dan Hadirkan Kamera Canggih

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max resmi dihadirkan dengan menawarkan layar yang lebih besar dan kamera canggih. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Apple resmi mengumumkan kehadiran iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max pada acara Apple Event yang diselenggarakan pada Selasa dini hari WIB (10/9/2024). Meskipun desain secara umum masih mempertahankan tampilan yang serupa dengan generasi sebelumnya, kedua model ini menawarkan sejumlah peningkatan yang signifikan, terutama pada fitur kamera yang semakin canggih.

Greg Joswiak, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, menyatakan, "Diperkuat dengan chip A18 Pro yang lebih cepat dan lebih efisien, serta dirancang untuk mendukung Apple Intelligence, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max adalah iPhone paling canggih yang pernah kami buat."

Spesifikasi iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

Salah satu perubahan menarik pada varian Pro ini adalah peningkatan ukuran layar pada kedua model. iPhone 16 Pro kini hadir dengan layar 6,3 inci, sementara iPhone 16 Pro Max memiliki layar 6,9 inci. Ukuran ini lebih besar dibandingkan dengan iPhone 15 Pro dan Pro Max yang memiliki layar masing-masing 6,1 inci dan 6,7 inci.

Bodi perangkat ini kembali menggunakan material titanium, tersedia dalam empat pilihan warna: hitam, putih, natural, dan warna baru bernama desert titanium. Seperti iPhone 16, varian Pro juga dilengkapi dengan tombol Camera Control yang memudahkan pengambilan gambar dan video.

Dibekali dengan chip A18 Pro yang diproduksi menggunakan teknologi 3 nm, iPhone 16 Pro memiliki 16 core neural engine yang memungkinkan performa lebih cepat dan efisien. Grafisnya pun mengalami peningkatan berkat adanya 6 core GPU yang mendukung ray tracing dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Kinerja CPU meningkat 15% dibandingkan dengan A17 Pro.

Kamera utama 48 MP Fusion Camera yang disematkan pada bagian belakang memberikan hasil foto dengan detail yang luar biasa. Kamera ini didukung oleh kamera ultra-wide 48 MP dan kamera telefoto 12 MP tetraprism yang mampu melakukan zoom optik hingga 5x, fitur yang sebelumnya hanya ada pada iPhone 15 Pro Max.

Dalam hal kemampuan video, iPhone 16 Pro kini dilengkapi dengan fitur Cinematic Slow Motion yang memungkinkan perekaman dalam resolusi 4K/120fps. Selama proses perekaman, pengguna dapat mengubah frame rate sesuai kebutuhan. Selain itu, tombol Camera Control mempermudah pengguna dalam memilih format video yang diinginkan, seperti untuk diunggah ke media sosial. Apple juga menyertakan fitur Audio Mix yang memungkinkan pengguna memilih audio yang akan digunakan dalam konten video mereka.

iPhone 16 Pro dijual dengan harga mulai dari USD 999 atau sekitar Rp 15,4 juta untuk varian 128GB, sedangkan iPhone 16 Pro Max dibanderol dengan harga mulai dari USD 1.199 atau sekitar Rp 18,5 juta untuk varian dengan kapasitas yang sama. Kedua model ini akan mulai tersedia di pasaran pada 20 September mendatang.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua