Gadget

Lupa Pasword Gmail? Temukan Solusinya Disini!

Kejadian Lupa Pasword Email tentunya bukan kali pertama dan hal ini menjadi salah satu hal yang sudah biasa. Ketika lupa paswords tentunya cukup mengkhawatirkan. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Kejadian Lupa Pasword Email tentunya bukan kali pertama dan hal ini menjadi salah satu hal yang sudah biasa. Ketika lupa paswords tentunya cukup mengkhawatirkan.

Pasword tidak hanya digunakan untuk emngakses email, tetapi juga diperlukan untuk proses otentikasi akun Google ketika kamu akan menggunakan situs web atau sebuah aplikasi.

Jika terjadi lupa password Gmail, ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk melihatnya tanpa perlu meminta reset password kepada Google.

Berikut adalah panduan serta langkahnya yang telah kami rangkum untuk kamu peraktikan ketika lupa paswords.

Lihat Password Gmail di Komputer

Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat password Gmail di komputer:

  1. Buka browser web di komputer dan arahkan ke halaman login Gmail.
  2. Masukkan alamat email Gmail yang ingin kamu lihat passwordnya.
  3. Klik pada opsi "Lupa Password" atau "Lupa Akun?" yang biasanya ada di bawah kolom password.
  4. Kamu akan diarahkan ke halaman pemulihan akun. Pilih opsi "Saya tidak tahu password saya" dan klik Lanjut.
  5. Pada langkah berikutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email terkait atau nomor telepon pemulihan yang ditautkan dengan akun Gmail tersebut. Masukkan informasi yang diminta dan klik Lanjut.
  6. Jika informasi yang kamu berikan valid, kamu akan diberikan beberapa opsi pemulihan akun, seperti mengirimkan kode verifikasi ke email atau nomor telepon terkait. Pilih opsi yang sesuai, misalnya "Kirimkan kode verifikasi ke email terkait", dan ikuti petunjuk yang diberikan.
  7. Setelah menerima kode verifikasi, masukkan kode tersebut ke halaman pemulihan akun dan klik Lanjut.
  8. Jika kode verifikasi yang kamu masukkan benar, kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan password baru. Di sini, kamu akan dapat memasukkan password baru untuk akun Gmail yang kamu miliki.
  9. Setelah memasukkan password baru, klik Selesai atau Lanjutkan untuk menyelesaikan proses pemulihan password.

Fitur Baru Google Pengganti Passwords

Belum lama ini, Google mengumumkan kehadiran fitur baru bernama Passkeys. Fitur ini untuk memudahkan pengguna agar bisa masuk ke akun Google-nya tanpa menggunakan password.

Jadi kamu bisa masuk ke akunnya dengan cara selain password, seperti sidik jari, pengenalan wajah, PIN, atau kunci keamanan lain.

Untuk menggunakannya, pertama masuk dulu ke laman g.co/passkeys. Berikutnya akan muncul tulisan "Gunakan kunci sandi kamu untuk mengonfirmasi bahwa ini memang Anda." "Perangkat akan meminta sidik jari, wajah, atau kunci layar."

Jangan lupa konfirmasi jika kamu benar telah mengakses akun tersebut, klik tombol Lanjutkan. Jangan lupa untuk mengaktifkan autentikasi di perangkat.

Berita Terkait