Internasional

Selamat Jalan Ana Ofelia Murguía, Pengisi Suara Mama Coco

Selamat Jalan Ana Ofelia Murguía, Pengisi Suara Mama Coco
Selamat Jalan Ana Ofelia Murguía, Pengisi Suara Mama Coco (dok.Berbagai Sumber)

PASUNDAN EKSPRES - Kabar duka datang dari industri hiburan luar negeri, aktris asal Meksiko, Ana Ofelia Murguía yang menjadi pengisi suara karakter "Mama Coco" dalam film animasi Pixar "Coco" meninggal dunia pada usia 90 tahun. 

Kabar tersebut dibagikan oleh Institut Seni Rupa Nasional Meksiko pada Minggu (31/12/2023) tengah malam melalui akun media sosial X resmi mereka.

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami berduka atas meninggalnya aktris terkemuka Ana Ofelia Murguía,” tulis mereka.

Diketahui, nama aktris Ana Ofelia Murguía semakin dikenal dunia setelah  memainkan peran kunci dalam film animasi yang bercerita tentang cerita rakyat, budaya, dan tradisi Hari Orang Mati di Meksiko tersebut.

Bukan hanya itu saja, Ana Ofelia Murguía juga merupakan bagian dari pemeran tetap Perusahaan Teater Nasional Meksiko, yang karir artistiknya sangat penting bagi seni pertunjukan di negara tersebut.

Berdasarkan laporan New York Post dikutip JawaPos, Menteri Kebudayaan Meksiko, Alejandra Frausto Guerrero mengatakan bahwa kepergian Ana Ofelia Murguía meninggalkan kekosongan besar industri perfilman Meksiko.

Karena bahkan sebelum penampilan akting suaranya di Coco, Ana Ofelia Murguía adalah seorang aktris yang disegani di Meksiko.

Sementara itu, film Coco yang dirilis pada 2017 membawa nama Ana Ofelia Murguía ke dunia perfilman internasional meski usianya tak lagi muda.

Coco sendiri sukses meraih penghargaan Best Animated Feature atau Film Animasi Terbaik dalam ajang Academy Awards 2018

Ana Ofelia Murguía juga menerima penghargaan seumur hidup dari Golden Ariel Award pada 2011 untuk 40 tahun kariernya di panggung teater dan layar perfilman.

Ana Ofelia Murguía muncul di sekitar 70 drama dan 90 film, termasuk 'Life Sentence' (1979) dan 'The Queen of the Night' (1994).

Di sepanjang karier aktingnya, Ana Ofelia Murguía memegang rekor sebagai penerima nominasi Aktris Terbaik dan terbanyak di Ariel Awards.

Sang aktris dinominasikan sebanyak enam kali, dan berhasil membawa pulang piala pada tahun 1979, 1986, dan 1996.

Sedangkan pada April 2023, Universitas Otonomi Nasional Meksiko menganugerahi Ana Ofelia Murguía Medali Ingmar Bergman karena memberikan ‘kesan mendalam’ pada film dan teater Meksiko.

Dalam pidato penerimaannya, Ana Ofelia Murguía menunjukkan kerendahan hatinya yang khas, dengan bertanya “Mengapa saya?” 

Ana Ofelia Murguía melanjutkan dalam pidatonya, mengatakan bahwa dia merasa sudah cukup dengan semua pengakuan dan pujian yang didapatnya selama ini.

Sekali lagi selamat jalan Ana Ofelia Murguía karyamu di industri perfilm-an dunia akan selalu dikenang. Rest in peace. 

(nym) 

Berita Terkait