Internasional

Kereta Gantung di Turki Terjatuh Sebabkan 1 Penumpang Tewas, Ratusan Penumpang Terjebak di Ketinggian

Kereta Gantung di Turki Terjatuh Sebabkan 1 Penumpang Tewas, Ratusan Penumpang Terjebak di Ketinggian
Sebuah kereta gantung terjatuh yang menyebabkan 1 penumpang tewas di Antalya, Turki. (Foto: screenshot IHA TV)

PASUNDAN EKSPRES - Insiden mengerikan terjadi di Antalya, Turki dimana sebuah kereta gantung terjatuh yang menyebabkan 1 penumpang tewas.

Dilansir dari Euronews, kejadian tersebut terjadi pada Jumat (12/4/2024) dan Sabtu (13/4/2024) di wilayah Turki Selatan tepatnya di Antalya, Turki.

Hal ini bermula sebuah kereta gantung yang sedang berjalan di atas gunung tiba-tiba menabrak tiang kemudian meledak dan terjatuh ke bebatuan di bawahnya.

Hal ini menyebabkan 1 penumpang tewas dan 10 orang terluka dalam insiden kereta gantung terjatuh itu.

Adapun, sebanyak 184 orang yang berada di kabin kereta gantung terjebak di ketinggian yang akhirnya dilakukan operasi penyelamatan korban yang terjebak hingga memakan waktu hingga 24 jam.

Sebanyak 607 personel SAR dan 10 helikopter dilibatkan untuk operasi penyelamatan ini yang dilakukan sepanjang malam dari Jumat hingga Sabtu.

Korban tewas insiden kereta gantung terjatuh itu diketahui merupakan seorang pria Turki berusia 54 tahun.

Sementara itu, korban luka-luka merupakan enam warga negara Turki dan satu warga negara Kyrgyzstan, termasuk dua anak-anak.

"Malam itu sangat buruk, kami sangat ketakutan. Ada anak-anak bersama kami, mereka pingsan," ucap salah seorang warga Istanbul, Hatice Polat yang berhasil diselamatkan selama tujuh jam setelah kejadian tersebut.

"Sungguh menyiksa berada di sana selama tujuh jam. Itu bergoyang setiap detik, Anda terus-menerus berada dalam ketakutan. ...Kejadian itu sangat traumatis, saya tidak tahu bagaimana kita bisa mengatasi trauma ini," lanjutnya. 

Dalam operasi tersebut, sejumlah lembaga terlibat dalam upaya evakuasi penumpang yang terjebak di ketinggian seperti tim dari badan tanggap darurat Turki, AFAD, penjaga pantai, layanan pemadam kebakaran, dan tim penyelamat gunung dari berbagai wilayah di Turki.

"Sebanyak 543 petugas pertolongan pertama dan tujuh helikopter terlibat dalam operasi penyelamatan, termasuk tim dari AFAD, Penjaga Pantai, tim pemadam kebakaran, dan tim pendakian gunung terlibat dari berbagai wilayah di Turki,” ujar para pejabat berwenang. 

Diketahui, kereta gantung tersebut membawa wisatawan dari Pantai Konyaalti ke restoran dan tempat pengamatan di puncak Tunektepe setingga 618 meter.

Bahkan, insiden tersebut bertepatan dengan hari terakhir dari liburan tiga hari Idulfitri di Turki.

Sementara itu, Kantor Kepala Kejaksaan Antalya telah melakukan penyelidikan kasus kereta gantung terjatuh ini. 

Sebuah komisi ahli yang terdiri dari insinyur mesin dan listrik serta ahli kesehatan dan keselamatan ditugaskan untuk menentukan penyebab insiden tersebut. (inm)

Berita Terkait