Internasional

Donald Trump Hampir Kena! Ini Daftar Presiden AS yang Jadi Target Peluru Ganas

Donald Trump Hampir Kena! Ini Daftar Presiden AS yang Jadi Target Peluru Ganas
Donald Trump Hampir Kena! Ini Daftar Presiden AS yang Jadi Target Peluru Ganas

PASUNDAN EKSPRES- Penembakan terhadap mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menambah daftar panjang tragedi percobaan pembunuhan terhadap para presiden Amerika Serikat.

Sejak lama, sudah banyak presiden Amerika Serikat yang menjadi target percobaan pembunuhan, beberapa di antaranya tewas dan beberapa berhasil selamat.

Berikut ini adalah daftar beberapa peristiwa penting dalam sejarah percobaan pembunuhan terhadap presiden Amerika Serikat:

1. Abraham Lincoln

Percobaan pembunuhan pertama terhadap presiden Amerika Serikat terjadi pada tahun 1865. Presiden ke-16.

Abraham Lincoln, ditembak di bagian belakang kepalanya oleh John Wilkes Booth saat sedang menonton pertunjukan teater di Ford's Theatre, Washington DC, pada 14 April 1865.

Lincoln mengalami koma selama 8 jam sebelum meninggal dunia keesokan harinya.

2. James Garfield

Pada tahun 1881, Presiden ke-20, James Garfield, tewas ditembak oleh Charles J. Guiteau di sebuah stasiun kereta api di Washington DC pada 2 Juli.

Setelah sempat mendapatkan perawatan, Garfield meninggal dunia beberapa minggu kemudian. Guiteau dinyatakan bersalah dan dieksekusi pada 19 September 1881.

3. William McKinley

Presiden ke-25, William McKinley, ditembak dua kali oleh seorang anarkis asal Polandia, Leon Czolgosz, saat menghadiri acara musik di Buffalo, New York, pada 6 September 1901.

McKinley meninggal dunia 8 hari kemudian, pada 14 September 1901. Czolgosz mengakui perbuatannya dan dieksekusi beberapa minggu setelah pembunuhan tersebut.

4. John F. Kennedy

Pembunuhan terhadap Presiden John F. Kennedy adalah yang paling terkenal sepanjang masa.

Kennedy ditembak oleh seorang penembak jitu, Lee Harvey Oswald, dalam konvoi presidensialnya yang sedang melewati Dealey Plaza, Dallas, Texas, pada 22 November 1963.

Kennedy dinyatakan meninggal dunia 30 menit setelah penembakan terjadi. Lee Harvey Oswald kemudian ditembak mati oleh Jack Ruby, seorang pemilik klub malam di Dallas.

5. Robert F. Kennedy

Robert F. Kennedy, saudara dari John F. Kennedy yang sedang mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat, juga menjadi korban penembakan.

Robert ditembak di koridor dapur di luar ruang dansa Hotel Ambassador, Los Angeles, setelah memberikan pidato kemenangan dalam pemilihan pendahuluan California pada tahun 1968. Robert Kennedy meninggal dunia keesokan harinya.

6. George Wallace

Gubernur Alabama, George Wallace, yang mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat, ditembak saat berkampanye di Maryland pada 15 Mei 1972.

Kejadian ini membuatnya lumpuh dari pinggang ke bawah. Arthur Bremer, yang berusia 21 tahun, dinyatakan bersalah atas penembakan tersebut dan dijatuhi hukuman penjara.

7. Theodore Roosevelt

Percobaan pembunuhan terhadap Presiden ke-26, Theodore Roosevelt, terjadi pada tahun 1912 saat ia masih menjadi kandidat presiden.

Penembakan terjadi di Milwaukee, namun Roosevelt berhasil selamat. Peluru tersebut tetap bersarang di dadanya selama sisa hidupnya.

8. Donald Trump

Yang paling terbaru adalah percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden Donald Trump.

Trump, yang kini mencalonkan diri kembali sebagai presiden, ditembak saat kampanyenya pada 13 Juli 2024. Trump selamat dari bidikan sniper namun mengalami luka di bagian telinga.

Tragedi ini menambah daftar panjang sejarah kelam percobaan pembunuhan terhadap para pemimpin Amerika Serikat.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua