Internasional

Salju Menipis, Resor Ski di India Ditinggal Wisatawan

Salju Menipis, Resor Ski di India Ditinggal Wisatawan
Resor Ski di India (dok.instagram/molanewsid)

PASUNDAN EKSPRES - Akibat salju mulai menipis, Resor Ski di India ditinggal wisatawan. Resor Ski Gulmarg di Pegunungan Himalaya, Kashmir, India ini biasanya dipenuhi oleh pemain snowboard dan ski pada bulan Januari. 

Namun, resor tertinggi di dunia itu, kini tengah mengalami penurunan wisatawan karena kurangnya salju akibat kemarau. 

Salju dan hujan musim dingin di India utara termasuk Himalaya, disebabkan oleh perubahan pola angin serta kenainkan suhu akibat fenomena El Nino dan perubahan iklim.

Kondisi hawa dingin yang menggigit, tiada salju, dan kabut tebal telah muncul selama satu dekade terakhir ini. 

Saat ini, kondisi tanah lereng kering dan tandus, padahal biasanya tertutup lapisan salju setinggi lutut orang dewasa. 

Menurut kabar yang beredar di media sosial, banyak wisatawan dari Eropa dan Amerika membatalkan perjalanan sehingga menurunkan perekonomian pariwisata di wilayah tersebut sampai 20%

Sampai saat ini, para pengelola tur dan pariwisata di Gulmarg berharap ada turun salju pada awal Februari. 

Karena para wisatawan enggan berlibur bahkan membatalkan pemesanan ke resor ski tersebut akibat tidak adanya salju tebal. 

Resor Ski Gulmarg terletak di Pegunungan Pir Panjal di Himalaya yang memiliki lintasan ski sepanjang lebih dari 1.330 meter serta Gondola Gulmarg dengan ketinggian 3.980 meter. 

Wilayah ini menjadi favorit para turis Eropa dan Amerika yang hendak berlibur. Namun, kurangnya salju akibat pemanasan global menyebabkan turunnya okupansi tur dan perjalanan serta resor di Gulmarg.

(nym)

Berita Terkait