Internasional

Jumlah Masjid di Rusia Naik 60 Kali Lipat, Apa Penyebabnya?

Jumlah Masjid di Rusia Naik 60 Kali Lipat, Apa Penyebabnya?
Ilustrasi masjid (dok.pexels.com/Pixabay)

PASUNDAN EKSPRES - Jumlah masjid di Rusia naik 60 kali lipat sejak tiga dekade terakhir.  Dilansir dari CNN Indonesia, Wakil Kepala Administrasi Kepresidenan Rusia, Magomedsalam Magomedov, mengatakan bahwa angka tersebut merupakan rekor bagi Negeri Beruang Merah.

"Pada 1991, negara ini hanya memiliki 120 masjid yang beroperasi dan sekarang lebih dari 7.000," kata Magomedov saat berpidato di Forum Muslim Internasional yang dilansir dari CNN pada (13/12).

Dia lalu berujar, "Dalam sejarah negara kita, belum pernah ada angka seperti ini."

Setiap tahunnya ada 25.000 muslim Rusia melakukan ibadah haji ke tanah suci

Masih dalam pidato yang sama, Wakil Kepala Administrasi Kepresidenan Rusia tersebut mengatakan bahwa setiap tahun, ada 25.000 muslim Rusia melakukan ibadah haji ke kota suci Mekkah.

Selain itu, dikutip RT News ada sebanyak 350.000 Muslim di Rusia telah menjalankan ibadah haji selama 30 tahun terakhir.

Islam jadi agama mayoritas kedua di Rusia

Islam adalah agama mayoritas kedua di Rusia. Jumlah pemeluk kepercayaan ini mencapai 25 hingga 31 juta jiwa. 

Sebelum menjadi agama mayoritas, Islam sempat terkungkung di era Uni Soviet. Pemerintah melakukan kontrol ketat terhadap sejumlah agama termasuk Islam.

Pihak berwenang di masa itu juga hanya mengakui Muslim dalam jumlah relatif kecil.

Di masa itu, Uni Soviet tak mengakui sejumlah besar ulama. Lalu pada 1989, pihak berwenang melonggarkan banyak pembatasan terkait agama.

Setelah runtuh, kebebasan beragama menjadi hak konstitusional di Rusia. Hal ini menjadi momen kebangkitan Islam dan agama lain.

 

 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua