Kesehatan

Makanan yang Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi, Jangan Coba-coba Konsumsi Berlebihan

Makanan yang Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi, Jangan Coba-coba Konsumsi Berlebihan
Makanan yang Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi, Jangan Coba-coba Konsumsi Berlebihan (Image From: Lark Health)

PASUNDAN EKSPRES - Makanan yang dihindari penderita kolesterol. Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh, yang berasal dari makanan hewani. Dalam jumlah yang tepat, kandungan tersebut sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk membantu dalam pembentukan sel-sel baru.

Hal ini penting agar tubuh tetap berfungsi secara normal. Dalam sirkulasi darah, senyawa tersebut diangkut oleh protein dan disebut sebagai lipoprotein.

Terdapat dua jenis utama lipoprotein, yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang sering disebut sebagai kolesterol jahat, dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik.

Apabila jumlahnya melebihi kadar normal dalam darah, keadaan ini dikenal sebagai hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius.

Nah, untuk para penderita kolesterol tinggi, mengonsumsi makanan dan pola hidup harus selalu diperhatikan. Mengenai makanan, di sini terdapat beberapa makanan yang dihindari penderita kolesterol. Kira-kira apa saja, ya? Simak daftarnya di bawah ini. 

Makanan yang Dihindari Penderita Kolesterol 

Berikut adalah beberapa makanan yang dihindari penderita kolesterol

Gorengan 

Makanan yang dihindari penderita kolesterol yang pertama adalah gorengan. Siapa di sini yang gak suka sama gorengan? Hampir semua orang menyukai makanan yang penuh dengan cita rasa menggoda.

Tapi, apakah kamu tahu kalau terlalu banyak memakan gorengan, itu tidak baik bagi tubuh, terutama bagi penderita kolesterol tinggi. Makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin, dan masuk ke dalam tubuh, kadar kolesterol yang kamu miliki akan langsung naik.

Kamu harus menghindari makanan ini. Kamu bisa memasaknya dengan cara sehat, seperti dikukus atau direbus. 

Jeroan 

Makanan yang berikutnya adalah makanan jeroan. Jeroan merupakan makanan yang mengandung banyak zat besi, sehingga dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Namun, bagi individu yang memiliki kolesterol tinggi, perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan tersebut.

BACA JUGA: Kamu Pasti Belum Tahu, Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

BACA JUGA: Si Mungil Berkulit Putih dengan Segudang Manfaat

Makanan seperti jeroan atau daging organ dalam, seperti hati, paru-paru, dan jantung, memiliki tingkat kolesterol dan purin yang tinggi. Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi atau asam urat, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan jenis ini.

Kulit

Makanan yang dihindari penderita kolesterol selanjutnya adalah kulit. Buat kamu yang senang dengan bagian kulit dari makanan hewani, sebaiknya kamu hindari mulai sekarang.

Kulit ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi, bahkan lemak jenuh tersebut bisa lebih tinggi dari dagingnya. Kadar kolesterol akan meningkat. 

Telur Ayam 

Makanan yang patut kamu hindari adalah telur ayam. Walaupun rasanya sangat enak, tapi makanan ini sebenarnya mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Sebutir telur ayam dengan kuning dan putih telurnya bisa mengandung sekitar 164 miligram kolesteril. Sementara untuk kuning telurnya saja bisa mengandung 242 miligram. Tetap konsumsi dalam batas normal.

Udang 

Makanan yang dihindari penderita kolesterol yang terakhir adalah udang. Walaupun sebenarnya udang dikenal dengan lemaknya yang rendah, udang juga mempunyai kandungan kolesterol yang lumayan tinggi.

Satu porsi udang mentah seberat 100 gram mengandung sekitar 189 miligram kolesterol. Kandungan kolesterol yang tinggi dalam udang menjadi alasan mengapa udang dianggap sebagai salah satu pantangan bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. 

Nah, itulah mengenai makanan yang dihindari penderita kolesterol yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait