Lifestyle

Menurut Hadist, ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan yang Dapat Menghapus Dosa

Menurut Hadist, ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan
(Ilustrasi kurma dan Al-Qur'an (dok. pexels.com/khats cassim)

PASUNDAN EKSPRES - Sebentar lagi, keutamaan sedekah di bulan Ramadhan akan disambut penuh suka cita oleh umat muslim di berbagai belahan dunia. 

Sedekah di bulan ramadhan adalah kegiatan yang memiliki sejumlah keutamaan bagi yang menjalankannya dengan ikhlas karena Allah. 

Bahkan, dalam hadist riwayat Bukhari menyebut bahwa Rasulullah Saw adalah makhluk Allah yang sangat dermawan atau senang bersedekah, terutama di bulan Ramadhan.

1. Dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw 

Kedermawanan Nabi Muhammad di bulan Ramadhan tersebut seperti layaknya angin yang berembus. Seperti yang dikatakan Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu yang melansir dari dompetdhuafa.org.

“Adalah Nabi Saw orang yang paling dermawan dalam kebaikan dan sifat dermawannya semakin bertambah pada bulan Ramadhan tatkala malaikat Jibril menemui Beliau Nabi Saw untuk mengajarkan Al-Quran. 

Jibril ‘alaihissalam biasa mendatangi beliau setiap malam bulan Ramadhan hingga berakhirnya bulan tersebut. 

Pada setiap malam itu Nabi senantiasa memperdengarkan bacaan Al-Qurannya kepada Jibril. 

Apabila Jibril ‘alaihissalam menjumpai beliau, maka beliau sangat dermawan pada kebaikan melebihi angin yang berembus.” (HR. Al-Bukhari 1769 dan Muslim 4268)

2. Pahala yang dilipatgandakan

Sedekah memang tidak harus di bulan ramadhan, namun dibulan suci inilah Allah memberikan kita akan mendapat pahala berlipat ganda dari Allah swt. 

Seperti dalam penjelasan surat dalam Al – Qur’an di bawah ini.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

3. Sedekah dapat menghapus dosa

Sebagai seorang hamba kita hanya bisa berikhtiar setiap kali mengamalkan sesuatu salah satunya dengan melakukan sedekah kepada orang yang membutuhkan seperti yang Rasulullah Saw sabdakan berikut ini.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi)

4. Masuk surga melalui pintu khusus

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

Setiap hamba pasti menginginkan akhir yang baik di dalam hidupnya. Sehingga langkah  kita untuk mencapai ridho-Nya adalah dengan menuriti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Berikut Rasulullah Saw bersabda.

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

5. Dilapangkan rezekinya 

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya.

Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443)

Berbagai keutamaan sedekah di atas memang tidak hanya ada di bulan Ramadhan saja, namun Allah Swt juga memberikan keutamaan tersebut kepada seluruh hamba-Nya yang bersedekah di bulan apa pun.

Untuk itu, mari kita tingkatkan sedekah di bulan ramadhan, karena ia akan memberikan banyak kebaikan dan pahala yang akan menjadi bekal kita di akhirat kelak. Wallahu a’lam bish-shawab.

(nym) 

Berita Terkait