Lifestyle

Benarkah Bekas Jerawat bisa Hilang dengan Sendirinya? Ini Kata Dokter

Benarkah Bekas Jerawat bisa Hilang dengan Sendirinya? Ini Kata Dokter
Ilustrasi bekas jerawat (dok.pexels.com/Anna Nekrashevich)

PASUNDAN EKSPRES - Bekas jerawat yang membandel di di pipi seringkali menjadi penyebab seseorang merasa kurang percaya diri. 

Apalagi jika bekas jerawat itu meninggalkan warna kehitaman yang terjadi akibat reaksi peradangan yang menyebabkan pembuluh darah melebar. 

Kondisi bekas jerawat di wajah sebenarnya normal dialami perempuan maupun lak-laki dan akan hilang sendirinya seiring dengan membaiknya reaksi peradangan.

Adapun solusi yang tepat dilakukan adalah dengan mencari tahu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat. 

Sebab, bekas jerawat di pipi akan berpotensi memburuk apabila sering terpapar sinar matahari. 

Sementara, negara kita merupakan iklim tropis, di mana matahari bersinar hampir sepanjang hari.

Nah, salah satu solusi untuk mencegah bekas jerawat  adalah dengan rutin menggunakan tabir surya saat keluar rumah. 

Namun, bukan hanya itu saja dilansir dari siloamhospitals.com, berikut ulasan lengkapnya. 

Penyebab Bekas Jerawat Menghitam

Benarkah Bekas Jerawat bisa Hilang dengan Sendirinya? Ini Kata Dokter
Ilsutrasi bekas jerawat (dok.pexels.com/Anna Nekrashevich)

Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan bekas jerawat menghitam, bahkan tak jarang meninggalkan luka bopeng. Padahal apabila ditangani dengan tepat, jerawat tidak akan meninggalkan bekas hitam pada area wajah.

Nah, apabila bekas jerawat menghitam, maka ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebabnya, berikut di antaranya.

  • Kebiasaan menyentuh dan memencet jerawat
  • Faktor genetik
  • Produksi kolagen menurun
  • Produksi melanin meningkat

BACA JUGA:Benarkan Karakter Orang Bisa Terbaca Lewat Golongan Darah? Cek Faktanya!

BACA JUGA:Perut Buncit Langsung Kempes, Cek Tips Mengecilkan Perut disini!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

  • Menggunakan tabur surya atau sunscreen

Menggunakan tabir surya bertujuan agar bekas jerawat tidak semakin parah akibat paparan sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari juga dapat menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah, seperti flek. 

Pilihlah produk yang memiliki kandungan SPF minimal SPF 30 atau lebih. Agar perlindungannya tetap optimal, maka tabir surya juga perlu diaplikasikan ulang setiap 3-4 jam .

  • Rutin memakai serum vitamin C

Salah satu manfaat vitamin C adalah mencerahkan kulit. Kandungan ini terbukti mampu mencerahkan kulit dengan mengurangi oksidasi yang menghasilkan melanin.

Maka dari itu, agar bekas jerawat lekas memudar, Anda dapat menggunakan serum pencerah seperti vitamin C saat pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

  • Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel kulit mati dan diyakini cukup efektif sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Lakukan eksfoliasi dengan produk-produk kecantikan yang mengandung, AHA, BHA, Retinoid, atau asam salisilat. Namun, perlu diingat bahwa produk eksfoliasi tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. 

Batasi penggunaannya dalam 2-3 kali dalam seminggu pada malam hari. Dosis eksfolian juga harus diberikan dengan benar, agar tidak terlalu banyak sehingga merusak struktur kulit, atau terlalu sedikit sehingga tidak berefek.

  • Masker madu 

Oleskan madu pada wajah atau bagian yang terdapat bekas jerawat, kemudian diamkan selama 20-30 menit.

Madu diyakini mengandung sifat antiseptik dan anti radang yang mampu menyembuhkan kerusakan akibat jerawat, sekaligus mencegah kemunculannya kembali. 

Kandungan pelembab pada madu juga bermanfaat dalam melebutkan jaringan dan mempercepat perbaikan kulit, termasuk bekas jerawat yang menghitam.

 

Kesimpulannya adalah, jika bekas jerawat masih terlihat dan terasa wajar tanpa keluhan yang cukup parah maka akan kembali sembuh dengan sendirinya seiring dengan membaiknya reaksi peradangan. 

Selain itu, kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih dan makan-makanan pedas, ya. Lebih baik mengonsumsi buah dan sayur untuk membantu mengurangi bekas jerawat. Semoga membantu!

(nym) 

Berita Terkait