Lifestyle

5 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Dijamin Ampuh

5 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Dijamin Ampuh
5 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Dijamin Ampuh (Image From: Pixabay)

PASUNDAN EKSPRES - Tanaman hias pengusir nyamuk ini sangat ampuh. Tanaman hias menjadi sesuatu yang dibutuhkan di rumahmu untuk menambah unsur estetika. Banyak tanaman hias yang indah dan menarik untuk ditempatkan di kediamanmu.

Tapi, kamu tahu tidak, bahwa selain mengandung unsur estetika, tanaman hias ternyata mempunyai fungsi dan kegunaan lain, lho. Misalnya saja sebagai pengusir nyamuk yang mengganggu. 

Kalau rumahmu dihinggapi oleh nyamuk yang tentunya mengganggu kenyamanan, kamu bisa menjadikan tanaman hias sebagai tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh.

Biasanya dengan menggunakan tanaman hias, nyamuk yang tidak menyukai aroma dari tanaman tersebut akan pergi dari rumahmu. 

Lalu, kira-kira apa saja, tanaman hias pengusir nyamuk yang bisa kamu gunakan? Simak daftarnya di bawah ini. 

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Berikut adalah beberapa tanaman hias pengusir nyamuk yang dilansir dari berbagai sumber. 

Tanaman Hias Marigold 

Tanaman hias pengusir nyamuk yang pertama adalah tanaman hias Marigold. Tanaman ini mempunyai aroma musky yang tidak disukai oleh nyamuk. Minyak esensial yang terdapat di tanaman Marigold ini bisa memberikan perlindungan selama 2,15 jam dari nyamuk yang mengganggu. 

Tanaman Catnip

Tanaman hias berikutnya adalah tanaman Catnip yang bisa mengusir nyamuk, serta lalat. Catnip merupakan tanaman yang mengandung senyawa kimia nepetalacotne yang bisa mengusir kecoa. Bau dari tanaman Catnip ini 10 kali lebih efektif mengusir nyamuk.

Tanaman Lavender

Tanaman hias pengusir nyamuk yang berikutnya adalah tanaman Lavender yang tentunya sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Lavender mengandung minyak atsiri yang terdapat pada kuncup bunganya. Kamu bisa menjadikan tanaman ini sebagai tanaman pengusir nyamuk di rumahmu. Selain itu, perawatan Lavender sangat mudah, dan bahkan bisa bertahan di berbagai iklim, lho. 

Bunga Geranium

Tanaman hias yang selanjutnya adalah bunga Geranium. Bunga ini memiliki harum yang menyengat dan tidak disukai oleh nyamuk. Jadi, tidak heran kalau bunga ini menjadi bunga yang sangat ampuh mengusir nyamuk. 

Bunga Thyme 

Tanaman hias yang bisa kamu simpan di rumahmu adalah tanaman Thyme. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di sekitar bebatuan. Tanaman Thyme merupakan tanaman anti nyamuk dengan menghaluskan beberapa daunnya, hingga minyak daun tersebut keluar. 

Nah, itulah mengenai tanaman hias pengusir nyamuk yang bisa kamu coba tanamkan di rumah. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait