Lifestyle

5 Rekomendasi Obat Asam Lambung yang Ampuh di Apotek

5 Rekomendasi Obat Asam Lambung yang Ampuh di Apotek

PASUNDAN EKSPRES - Penyakit asam lambung dapat terjadi akibat sejumlah faktor yang berbeda. Pada beberapa kasus, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat menjadi pemicu utama. 

Obat asam lambung atau obat maag dapat mengurangi produksi asam lambung atau melindungi dinding kerongkongan dari efek asam.

Obat asam lambung tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, kapsul, cairan, atau kunyah. Nah, berikut rekomendasi obat asam lambung yang aman untuk dikonsumsi!

1. Mylanta Sirup 50 ml

Mylanta bisa menjadi pilihan pertama yang bisa kamu coba untuk menurunkan asam lambung.

Obat ini menggunakan Quick Action Formula untuk mengatasi sakit maag dengan cepat sehingga kamu dapat kembali beraktivitas.

Aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida di dalamnya bertindak sebagai antasida yang berperan menetralkan asam lambung dan menghambat aktivitas pepsin.

Dengan begitu, rasa nyeri ulu hati, nyeri lambung, perih, mual yang disebabkan oleh iritasi akibat asam lambung dan pepsin bisa berkurang.

Selain itu, efek pencahar dari magnesium hidroksida juga membantu mengurangi efek sembelit yang mungkin ditimbulkan oleh aluminium hidroksida.

Rentang harga: Rp18.100 – Rp18.300 per botol.

2. Cimetidine 200 mg 10 Tablet

Cimetidine juga termasuk obat golongan inhibitor pompa proton yang digunakan untuk mengobati tukak duodenum dan tukak lambung yang ringan, tukak peptik, refluks esofagitis, sindrom Zollinger-Ellison, dan eradikasi infeksi H.pylori. 

Obat ini bekerja dengan menghambat reseptor H2, sehingga produksi asam lambung baik dalam keadaan istirahat maupun saat terstimulasi bisa berkurang.

Cimetidine hanya bisa kamu dapatkan melalui resep dokter. Penting untuk menggunakan obat ini sesuai dengan petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp7.100 per strip.

3. Aciblock 150 mg 10 Tablet

Aciblock adalah salah satu obat untuk mengatasi masalah asam lambung, terutama pada kondisi seperti gastroesophageal reflux disease (GERD).

Obat lambung ini mengandung bahan aktif esomeprazole, yang termasuk dalam kelas obat inhibitor pompa proton (Proton Pump Inhibitor/PPI).

Aciblock bekerja dengan cara menghambat produksi dan menetralkan asam lambung.

Rentang harga: Rp7.000 – Rp7.200.

4. Prosogan FD 30 mg 14 Tablet

Prosogan adalah salah satu obat untuk mengatasi gangguan asam lambung, termasuk tukak lambung dan penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Obat ini mengandung bahan aktif pantoprazole. 

Selain menghambat produksi asam lambung baru, Prosogan juga membantu menetralkan asam lambung yang sudah terbentuk.

Ini membantu mengurangi tingkat keasaman dalam lambung dan meredakan iritasi pada dinding kerongkongan.

Rentang harga: Rp287.400 – Rp363.100.

5. Lansoprazole 30 mg 10 Kapsul

Ini adalah obat golongan inhibitor pompa proton yang digunakan untuk mengobati tukak duodenum dan tukak lambung yang ringan, tukak peptik, refluks esofagitis, sindrom Zollinger-Ellison, dan eradikasi infeksi H.pylori. 

Cara kerjanya dengan menghambat reseptor H2, sehingga produksi asam lambung baik dalam keadaan istirahat maupun saat terstimulasi bisa berkurang.

Obat ini hanya bisa kamu dapatkan melalui resep dokter. Penting untuk menggunakan obat ini sesuai dengan petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp16.000 per strip

Selain menyiapkan obat asam lambung, alangkah baiknya kamu juga melakukan tindakan pencegahan untuk mencegah asam lambung kambuh. 

Pencegahan tersebut di antaranya adalah jangan telat makan, jangan berbaring setelah makan, biasakan minum air putih, hingga makan perlahan. 

(nym)

 

Berita Terkait