Lifestyle

6 Ide Ngabuburit untuk Habiskan Waktu Menjelang Berbuka Puasa

6 Ide Ngabuburit untuk Habiskan Waktu Menjelang Berbuka Puasa
6 Ide Ngabuburit untuk Habiskan Waktu Menjelang Berbuka Puasa (Image From: Pexels/Michael Burrows)

PASUNDAN EKSPRES - Ide ngabuburit ini bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu sampai berbuka. Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa, bahkan dinantikan kedatangannya oleh seluruh umat Muslim di dunia.

Di bulan yang suci ini, umat Muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh dan berlomba-lomba mendapatkan pahala.

Biasanya di bulan puasa ini, para umat Muslim di Indonesia identik dengan istilah "ngabuburit". Istilah ini merupakan sebutan untuk aktivitas menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa di waktu Maghrib. 

Menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), kata "ngabuburit" memiliki asal-usul dari kata "burit" yang berarti "sore hari".

Dalam bahasa Sunda, "ngabuburit" merupakan gabungan dari frasa "ngalantung ngadagoan burit", yang memiliki arti "bersantai-santai sambil menunggu waktu sore".

Nah, mengenai ngabuburit, di sini terdapat beberapa ide ngabuburit yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa untuk menghabiskan waktu. Kira-kira idenya apa saja, ya? Yuk, simak di bawah ini. 

Ide Ngabuburit untuk Habiskan Waktu Menjelang Berbuka Puasa 

Berikut adalah beberapa ide ngabuburit untuk habiskan waktu menjelang berbuka yang bisa kamu coba. 

Olahraga 

Ide ngabuburit yang pertama adalah olahraga. Kamu bisa tetap menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa dengan berolahraga.

Salah satu alternatif berolahraga adalah dengan berjalan-jalan di sore hari sebelum waktu berbuka. Kamu tidak harus melakukan olahraga yang berat. Kamu bahkan bisa berolahraga di dalam rumah dengan aktivitas yang ringan. 

Berbelanja 

Ide ngabuburit yang berikutnya adalah berbelanja. Kamu bisa menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa dengan berbelanja kebutuhan makanan seperti takjil, kebutuhan mingguan, dan bulanan dapat menjadi pilihan kegiatan ngabuburit yang menyenangkan. Hal ini dapat dilakukan sebagai ide ngabuburit yang seru.

Merapikan Rumah 

Merapikan rumah bisa menjadi cara yang bisa membantu mengurangi stres dan kebosanan selama berpuasa.

Mengambil sedikit waktu untuk membersihkan atau merapikan rumah sebelum berbuka puasa dapat memberikan kesegaran pikiran. Hal ini juga menciptakan suasana nyaman dan bersih ketika waktu berbuka tiba.

Tadarus Al-Quran 

Ide ngabuburit yang selanjutnya adalah dengan membaca Al-Quran atau tadarus. Pada bulan puasa ini, seluruh umat Muslim berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan dan meningkatkan pemahaman terhadap agama.

Oleh karen itu, mengaji atau membaca Al-Quran menjadi pilihan yang tepat. Selama bulan Ramadan, kamu bisa mengikuti kegiatan tadarus bersama di masjid.

Menonton Film 

Kegiatan ngabuburit yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan adalah menonton film. Baik itu di bioskop maupun melalui platform streaming, keduanya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ngabuburit. 

Kamu bisa menonton film bersama keluarga atau sendiri. Tapi, pastikan kamu memperhatikan durasi film dan jam mulai penayangannya agar tidak terlambat berbuka. Selain itu, penting juga untuk memilih genre film yang sesuai agar tidak mengganggu pelaksanaan ibadah puasa kamu. 

Membaca Buku 

Ide ngabuburit yang berikutnya adalah dengan membaca buku. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan membaca buku untuk kegiatan yang menarik saat menunggu berbuka puasa.

Kamu juga bisa pergi ke toko buku favorit untuk membeli buku bacaan baru dan mengisi waktu dengan membacanya sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Nah, itulah mengenai beberapa ide ngabuburit yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait