Lifestyle

Usia 20-an Ngerasa Belum Ngapa-ngapain? Yuk, Atasi Rasa Cemas Ini!

Usia 20-an Ngerasa Belum Ngapa-ngapain? Yuk, Atasi Rasa Cemas Ini!
Usia 20-an Ngerasa Belum Ngapa-ngapain? Yuk, Atasi Rasa Cemas Ini!

PASUNDAN EKSPRES- Pernah nggak sih lo ngerasa makin tua tapi kayak belum ngelakuin apa-apa?

Tenang, lo nggak sendiri. Banyak yang ngalamin perasaan takut dan cemas kayak gini, terutama di usia 20-an.

Bahkan, hal ini udah ada di film Tick, Tick… Boom! yang ceritain tentang penulis lagu yang merasa kejar-kejaran sama waktu.

Kenapa Kita Cemas?

Ada banyak alasan kenapa kita sering cemas. Salah satunya karena suka bandingin hidup kita sama orang lain, apalagi di era sosmed yang isinya pamer mulu.

Terus, pilihan hidup yang makin banyak bikin kita makin bingung. Ditambah lagi, kita sering takut ngambil keputusan yang salah.

Gimana Ngatasinnya?

Terima Perasaan Lo. Nggak apa-apa kok kalau lo ngerasa cemas. Ini bagian dari proses pendewasaan yang emang berat. Yang penting, akui dulu kalau lo nggak sendirian.

Fokus ke Tujuan Lo Sendiri

Daripada mikirin apa yang orang lain capai, mending fokus ke apa yang lo pengen. Mulai dari hal kecil, kayak bikin CV, ikut kursus, atau cari kerja.

Perhatikan Pikiran Lo

Jangan sering-sering kritik diri sendiri. Coba perhatiin, apakah lo lebih banyak mikir negatif? Kalau iya, coba ubah pola pikir lo dan lebih apresiasi diri.

Self-care Itu Penting!

Nggak usah buru-buru. Hadapi semua dengan sabar dan jangan lupa kasih apresiasi buat setiap langkah kecil yang lo capai. Lo pasti bisa atasi rasa cemas ini!

Siap buat lebih chill dan nikmatin hidup? Yuk, mulai sekarang!

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua