Lifestyle

4 Bahasa Tubuh yang Harus Kamu Perhatikan ketika melakukan Percakapan

4 Bahasa Tubuh yang Harus Kamu Perhatikan ketika melakukan Percakapan
4 Bahasa Tubuh yang Harus Kamu Perhatikan ketika melakukan Percakapan (Image From: Pexels/fauxels)

PASUNDAN EKSPRES - Bahasa tubuh yang harus kamu perhatikan dari lawan bicara ini menjadi sesuatu yang penting buat kamu.

Bahasa tubuh merupakan komunikasi yang berisikan sebuah pesan dan disampaikan secara non-verbal atau tanpa menggunakan kata-kata.

Buat kamu yang sering komunikasi dengan orang, mungkin kamu sering memperhatikan bagaimana gerak-gerik tubuh lawan bicara kamu. Hal ini menjadi sesutau yang penting untuk diperhatikan, lho

Walaupun tanpa mengatakan apa pun, bahasa tubuh atau ekspresi tubuh bisa menjadi sebuah bentuk komunikasi yang menunjukkan pesan atau perasaan seseorang, lho. Nah, kira-kira bahasa tubuh apa saja yang harus kamu perhatikan? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Bahasa Tubuh yang Harus Kamu Perhatikan

Berikut adalah beberapa bahasa tubuh yang harus kamu perhatikan. Penjelasan ini dirangkum dari salah satu postingan Instagram @psikologid, Sabtu, (4/5/2024). 

Posisi Kepala 

Bahasa tubuh yang harus kamu perhatikan yang pertama adalah posisi kepala. Secara umum beberapa gerakan kepala pasti sering kamu temui ketika kamu melakukan percakapan, dan gerakan tersebut merupakan sebuah isyarat yang perlu kamu ketahui. 

Misalnya pada gerakan memiringkan kepala yang merupakan gerakan tidak langsung yang menunjukkan bahwa ia sedang memperhatikan apa yang tengah kamu ucapkan.

Gerakan ini adalah sebuah bentuk koneksi atau kenyamanan ketika melakukan pembicaraan. Selain itu, gerakan kepala tertunduk yang menunjukkan rasa bersalah atau malu, bisa juga menunjukkan perasaan tidak nyaman.

Sementara itu ada gerakan menaikan kepala yang menunjukkan sebuah respon kebanggaan diri. 

Senyuman 

Bahasa tubuh yang selanjutnya adalah senyuman. Senyuman mempunyai banyak makna. Tidak berarti kalau menunjukkan senyum, itu berarti sebuah kesukaan atau kebahagiaan. Ada beberapa senyuman dalam bahasa tubuh yang perlu diperhatikan. 

Misalnya fake smile atau senyuman yang dibuat-buat yang muncul ketika kita tidak merasa bahagia. Masking smile yang ditunjukkan untuk memanipulasi, bertujuan sosial.

Contempt atau senyuman mengejek yang muncul sebagai makna merendahkan sesuatu atau seseorang. Real smile atau senyum nyata yang merupakan senyum yang muncul saat kita menyukai sesuatu. 

Posisi Tangan 

Bahasa tubuh yang harus kamu perhatikan adalah posisi tangan. Banyak informasi yang tanpa sadar bisa disampaikan oleh tangan sebagai sebuah isyarat tertentu dalam percakapan.

Misalnya saja dengan telapak tangan yang terbuka yang identik dengan penerimaan, keramahan, dan kepercayaan akan pembicara dan apa yang tengah dibicarakan.

Telapak tangan tertutup yang menunjukkan sikap tertutup serta membatasi diri. Bisa juga bermakna dominasi, otoritas, dan tidak ingin dipengaruhi.

Tangan tertutup dan menunjuk yang merupakan sebuah isyarat dari otoritas dan agresi dari seseorang atas ketidaksetujuan dan sanggahan terhadap apa yang disampaikan pembicara. 

Posisi Kaki dan Arah Tubuh 

Bahasa tubuh berikutnya adalah posisi kaki dan arah tubuh. Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang refleksnya paling jujur karena respon manusiawi. Kaki cenderung merespon untuk menghindari bahaya atau ancaman. 

Misalnya seperti arah kaki yang keluar yang ditunjukkan sebagai isyarat bahwa seseorang sedang ingin mengakhiri pembicaraan dan pergi melakukan sesuatu yang penting. Menyilangkan kaki yang menunjukkan kenyamanan dan dominasi.

Merapatkan kaki yang menunjukkan sebuah kegelisahan, cenderung ingin mengakhiri pembicaraan dan cepat pergi karena suatu hal. Menyilangkan kaki dan tangan yang bertujuan untuk menjaga diri agar tetap nyaman berada dalam suatu lingkungan yang kurang senang. 

Nah, itulah mengenai beberapa bahasa tubuh yang harus kamu perhatikan. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

 

Berita Terkait