Lifestyle

Doa Masuk Bulan Rajab dan Amalan Khusus yang Dianjurkan

Doa Masuk Bulan Rajab dan Amalan Khusus yang Dianjurkan
(dok.pexels.com/Craig Adderley)

PASUNDAN EKSPRES - Menyambut bulan Rajab, umat Islam dianjurkan membaca doa untuk mengawalinya. Lantas bagaimana bacaan doa ketika masuk bulan Rajab?

Bulan Rajab adalah bulan ke-7 dalam penanggalan Hijriah. Tepat sebelum bulan Ramadhan.Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, bulan Rajab merupakan bulan kemurahan Allah SWT. 

Hal tersebut disebabkan karena pada bulan mulia ini Allah SWT akan melipat gandakan pahala bagi mereka yang beramal baik, termasuk membaca doa memasuki bulan Rajab.

عن عبد الله بن زبير رضى الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: من فرج عن مؤمن كربة فى شهر رجب وهو شهر الله الأصم, أعطاه الله تعالى فى الفردوس قصرا مد بصره ألا فأكرموا رجب يكرمكم الله عزوجل بألف كرامة

 

Artinya: "Barang siapa yang melonggarkan satu beban kehidupan sesama saudara mukmin di bulan Rajab, Allah akan membangunkan istana untuknya di surga firdaus yang luasnya sejauh pandangan matanya. Karena itu, muliakanlah bulan Rajab, pasti Allah akan memuliakanmu dengan seribu kemuliaan".

Supaya tidak menyia-nyiakan kesempatan, sebaiknya memanfaatkan bulan istimewa ini untuk memperoleh pahala yang berlimpah. 

Berikut adalah doa ketika masuk bulan Rajab serta amalan-amalan lainnya yang bisa kamu lakukan selama bulan Rajab.

Doa Ketika Masuk Bulan Rajab 

Dilansir dari buku "Kalender Ibadah Sepanjang Tahun" yang disusun oleh Ustaz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, umat Islam disunnahkan untuk berdoa ketika sudah memasuki bulan Rajab.

Hal tersebut diyakini sudah lazim dilakukan oleh para ulama salaf terdahulu sebagaimana dalam sebuah hadits yang menerangkan mengenai doa ini.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا دَخَلَ رَجَبُ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

 

"Sesungguhnya, Nabi SAW apabila memasuki bulan Rajab, beliau berdoa, 'Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan." (HR. Bukhari)

Doa yang lumrah dibaca oleh kaum muslimin pada bulan Rajab adalah sebagai berikut:

 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ.

Arab Latin: Allaahumma baariklanaa fii rajabawa sya'baana, wa ballighnaa ramadhaana.

Artinya: Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikan kami di bulan Ramadhan.

Amalan Khusus di Bulan Rajab 

1. Puasa Rajab 

2. Sholat Rajab

3. Isra Miraj

4. Bersedekah

(nym) 

Berita Terkait