Lifestyle

Ini Kata Ustadz Felix Siauw Soal Pernikahan dalam Agama Islam: Ibadah Paling Lama

Ini Kata Ustadz Felix Siauw Soal Pernikahan dalam Agama Islam: Ibadah Paling Lama
Ustadz Felix Siauw mengungkap apa itu makna pernikahan dalam agama Islam. (Foto: screenshot YouTube Nikita Willy Official)

PASUNDAN EKSPRES - Ustadz Felix Siauw mengungkap apa itu makna pernikahan dalam agama Islam dalam sebuah podcast.

Pernikahan dalam agama Islam termasuk dalam perwujudan ibadah, bahkan disebut sebagai ibadah terpanjang selamanya.

Umat Muslim tentunya perlu mengetahui apa itu makna pernikahan dan tujuan pernikahan dalam agama Islam.

Hal ini dibahas seluruhnya oleh Ustadz Felix Siauw dalam podcast Mom's Corner bersama Nikita Willy dan Indra Priawan di kanal YouTube Nikita Willy Official yang diunggah pada 23 Maret 2024.

Menurut Ustadz Felix, pernikahan dalam agama Islam merupakan ibadah paling lama di antara ibadah lainnya.

"Kalo di dalam Islam, pernikahan itu adalah sesuatu yang memang, kaya apa ya, kaya ibadah paling lama," ucapnya kepada Nikita Willy dan Indra Priawan.

Ustadz Felix pun menerangkan ada empat tujuan daripada pernikahan dalam agama Islam, salah satunya yang tercantum dalam QS Ar-Rum Ayat 21.

"Kata Allah, sesungguhnya sebagian daripada tanda-tanda kekuasaan Allah adalah Allah jadikan kalian berpasang-pasangan, nah yang pertama adalah berpasang-pasangan, untuk apa, untuk sakinah," tuturnya.

Oleh karena itu, ustadz Felix mencontohkan penggunaan ucapan samawa atau sakinah, mawadah, warahmah yang merupakan doa baik yang diharapkan oleh umat Muslim ketika baru saja melaksanakan pernikahan dan menjalin rumah tangga baru.

Lebih lanjut, pendakwah keturunan Tionghoa-Indonesia itu mengungkap apa saja tujuan daripada pernikahan, yaitu pertama mempunyai visi.

"Nah, yang pertama dia punya visi, dia punya sesuatu yang ia kejar, artinya setiap orang yang menikah itu harus punya sebuah visi, sebuah hal yang diinginkan, sebuah hal yang dicari," katanya.

Menurut Ustadz Felix Siauw, ketika pasangan sudah mempunyai visi, maka timbul rasa sakinah atau munculnya rasa tenang dan stabil dengan kehadiran pasangan di sampingnya.

Selain sakinah, Ustadz Felix juga menjelaskan tujuan daripada pernikahan yaitu memenuhi kebutuhan biologis serta mempunyai keturunan.

"Jadi, setidaknya berdasarkan tujuan pernikahan ada empat juga yang Allah inginkan dari pernikahan seorang laki-laki dan perempuan dalam agama Islam, yang pertama adalah dia punya visi yang bisa diselesaikan, yang kedua adalah dia punya pasangan yang membuat ia merasa sakinah, stabil, tenang, yang ketiga adalah urusan biologisnya terpenuhi, yang keempat adalah dia bisa punya keturunan," tandasnya. (inm)

Berita Terkait