MotoGp

Dorna Sports Umumkan Sirkuit Buriram, Thailand, Akan Menjadi Tuan Rumah Seri Pembuka MotoGP 2025 dan 2026

Sirkuit Buriram sudah menjadi tuan rumah MotoGP Thailand sejak 2018. Sumber Foto: AFP/Lillian Suwanrumpha
Sirkuit Buriram sudah menjadi tuan rumah MotoGP Thailand sejak 2018. Sumber Foto: AFP/Lillian Suwanrumpha

PASUNDAN EKSPRES - Dorna Sports, selaku pemegang hak komersial MotoGP, secara resmi mengumumkan bahwa Sirkuit Buriram di Thailand akan menjadi tuan rumah seri pembuka MotoGP pada musim 2025 dan 2026. Grand Prix Thailand 2025 akan digelar pada tanggal 28 Februari hingga 2 Maret 2025.

Sejak 2007, MotoGP selalu dibuka dengan Seri Qatar, kecuali pada musim 2023 ketika Sirkuit Lusail menjalani renovasi besar-besaran pada paddock sehingga balapan di Qatar harus dipindahkan ke seri ke-19. Pada musim 2024, Qatar kembali menjadi tuan rumah seri pembuka. Tetapi pada Rabu (21/8/2024), Dorna mengumumkan bahwa Thailand akan mengambil alih peran Qatar sebagai tuan rumah seri pembuka selama dua musim ke depan. 

Thailand telah menjadi bagian dari kalender MotoGP sejak 2018, biasanya di paruh kedua musim dan berdekatan dengan Seri Australia serta beberapa seri Asia lainnya. Dengan keputusan ini, Thailand menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah seri pembuka di era MotoGP, yang dimulai pada 2002.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menyatakan bahwa Asia Tenggara, khususnya Thailand, telah menjadi salah satu pasar paling krusial dalam kalender MotoGP. "Kami sangat bersemangat mengumumkan bahwa pembuka musim 2025 dan 2026 adalah Grand Prix Thailand di Buriram. Asia Tenggara merupakan salah satu pasar paling penting bagi kami, baik untuk olahraga ini maupun bagi para pabrikan dan mitra kami," ujarnya via MotoGP.com.

Ezpeleta juga menekankan bahwa Sirkuit Buriram sering kali memberikan persaingan yang sengit dan menarik untuk ditonton, menjadikannya tempat yang ideal untuk memulai musim baru. "Sekalinya Buriram bergabung dengan kalender MotoGP, sirkuit ini secara instan menjadi favorit. Mudah untuk memahami alasannya: ini adalah tempat yang fantastis untuk menikmati MotoGP," ungkapnya.

Ezpeleta menambahkan, "Layout-nya dirancang untuk menunjukkan balapan yang ketat dan terbaik, yang sangat terbukti dari pertunjukan luar biasa yang kami nikmati di sana musim lalu. Kami tak sabar untuk ke sana tahun ini dan kembali pada 2025 untuk membuat sejarah seri pembuka."

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua