Nasional

Segera Daftar! Kemenag Buka Pertukaran Mahasiswa Program MBKM PTKI Secara Luring

Segera Daftar! Kemenag Buka Pertukaran Mahasiswa Program MBKM PTKI Secara Luring
Kemenag membuka program pertukaran mahasiswa secara luring atau PM-Luring. (Foto: laman resmi Kementerian Agama)

PASUNDAN EKSPRES - Kementerian Agama (Kemenag) berencana membuka program Pertukaran Mahasiswa di lingkungan PTKI secara luring pada tahun ini.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) akan menggelar Pertukaran Mahasiswa secara Luring (PM-Luring). 

Program ini diketahui merupakan salah satu bentuk implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

"Tahun ini, implementasi MBKM kita perluas dalam bentuk beberapa program baru. Jika sebelumnya pertukaran mahasiswa baru dilaksanakan secara daring, mulai sekarang program pertukaran mahasiswa secara luring sudah harus diimplementasikan," ucap Direktur Diktis Ahmad Zainul Hamdi, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Jumat (5/7).

Menurut Ahmad, filosofi pertukaran mahasiswa dalam program MBKM tidak semata menyasar aspek kognisi. 

Adapun pelaksanaan kegiatan ini bertujuan membentuk sikap mahasiswa, di antaranya menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan di tempat baru di mana mahasiswa live in.

"Program ini sangat bagus, karena mahasiswa akan terbuka wawasannya di tempat baru, sehingga mahasiswa memperoleh pengalaman bermakna yang mampu membangun kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan barunya," paparnya.

Pria yang akrab disapa Prof. Inung itu menyebut melalui kegiatan pertukaran mahasiswa ini, mahasiswa dapat memperoleh kesempatan untuk mengembangkan soft skill atau hard skills tambahan yang mungkin belum ditemukan di kampus asalnya.

Sebagai informasi, PM-Luring ini akan dilaksanakan selama satu semester dan dapat direkognisi minimal setara dengan 20 SKS.

Pada Tahun Akademik 2024/2025, PM-Luring dilaksanakan dalam dua angkatan, yakni angkatan pertama pada rentang Agustus – Desember 2024 dan angkatan kedua pada rentang Januari – Juli 2025.

Mahasiswa perlu mengetahui bahwa tidak semua PTKIN akan menjadi host kegiatan PM-Luring. 

Sebanyak 11 PTKIN ditetapkan menjadi host kegiatan PM-Luring berdasarkan evaluasi Tim Taskforce Program MBKM Direktorat PTKI.

Berikut daftar PTKIN yang menyelenggarakan PM-Luring:

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

2. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

3. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

4. UIN Walisongo Semarang

5. UIN Sunan Ampel Surabaya

6. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

7. UIN Alauddin Makassar

8. UIN Raden Fatah Palembang

9. UIN Ar-Ranieri Banda Aceh

10. UIN Raden Mas Said Surakarta

11. UIN Prof. Kiai Haji Saifudin Zuhri Purwokerto

Terkait informasi lengkap mengenai Program MBKM Batch-1 TA 2024/2025 yang diselenggarakan Diktis, mahasiswa dapat mengakses website resmi MBKM-Direktorat PTKI di laman https://merpati.kemenag.go.id/.

"Untuk Batch-1 TA 2024/2025 ini, memang baru 11 PTKIN yang kita tetapkan sebagai Penyelenggara Kegiatan PM-Luring. Namun untuk mahasiswa yang terlibat, tidak kita batasi. Bahkan seluruh mahasiswa PTKI juga dapat mendaftarkan dirinya untuk mengikuti program ini melalui laman https://merpati.kemenag.go.id/. Nanti akan diseleksi oleh Taskforce MBKM dan PTKIN yang dituju. Jika memenuhi syarat dan memenuhi kuota, maka akan diterima sebagai peserta program," tutupnya. (inm)

Berita Terkait