Nasional

12 Partai Politik Deklarasikan Dukungan untuk Ridwan Kamil dan Suswono di Pilgub Jakarta 2024

Ridwan Kamil Gubernur Jakarta
12 Partai Politik Deklarasikan Dukungan untuk Ridwan Kamil dan Suswono di Pilgub Jakarta 2024

PASUNDAN EKSPRES - Sebanyak 12 partai politik secara resmi menyatakan dukungan kepada Ridwan Kamil (RK) dan Suswono sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ) periode 2024-2029. 

Deklarasi ini berlangsung di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta, pada Senin (19/8/2024) sore.

12 Partai Pengusung

Daftar 12 partai pendukung RK-Suswono mencakup Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Selain itu, dukungan juga datang dari Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Garuda, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pembacaan Piagam Dukungan

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, membacakan piagam pernyataan dukungan untuk pasangan RK-Suswono. 

Dalam piagam tersebut, koalisi 12 partai politik yang tergabung dalam "Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju" menyatakan siap memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono pada Pilkada 2024 dan memastikan kemenangan mereka sebagai gubernur dan wakil gubernur DKJ periode 2024-2029.

Penandatanganan piagam ini dilakukan oleh sekjen atau plt sekjen dari 12 partai politik yang hadir dalam acara tersebut.

Pentingnya Kepemimpinan Kuat untuk Jakarta

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus, menekankan pentingnya kepemimpinan yang kuat untuk Jakarta di tengah transisi ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur. 

"Mengacu pada rekam jejak Kang Emil sebagai Gubernur Jawa Barat, kita tidak meragukan lagi kemampuannya. Kami juga membutuhkan sosok yang berpengalaman di pemerintahan pusat seperti Pak Suswono, yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian. Kombinasi ini sangat baik dan menggambarkan perpaduan antara nasionalisme dan unsur keagamaan," kata Lodewijk.

Ia juga menyatakan harapannya bahwa pasangan RK-Suswono dapat mengantarkan Jakarta menuju kemajuan setelah ibu kota negara berpindah.

Pesan dari PKS

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, juga menyampaikan harapannya bahwa dukungan dari 12 partai politik ini akan menjadi titik awal soliditas untuk mewujudkan "Jakarta Baru Jakarta Maju". 

Ia menyampaikan tiga pesan khusus untuk Suswono, yaitu agar cepat tanpa tergesa-gesa, cerdas tanpa menggurui, dan tajam tanpa menyakiti.

Syaikhu juga mengajak seluruh partai pendukung untuk berjuang bersama demi memenangkan Ridwan Kamil dan Suswono. 

"Mudah-mudahan Allah mentakdirkan kemenangan untuk pasangan ini," tutupnya. (idr)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua